Tips dan Trik

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Pampers Bayi

Kebutuhan pakaian untuk bayi harus disediakan dalam jumlah yang cukup terutama untuk bagian popok bayi. Hal ini sesuai dengan kebiasaan bayi yang masih mengompol karena belum bisa berbicara. Memiliki popok bayi dalam jumlah yang cukup akan membuat Anda memiliki stok popok untuk bisa mengganti popok bayi setelah bayi buang air. Namun hal tersebut juga memberikan Anda konsekuensi untuk mencucinya kembali agar bisa digunakan di hari berikutnya. Di era yang modern ini ada pengganti popok kain untuk kebutuhan tersebut yaitu popok sekali pakai atau pampers bayi.

 Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Pampers Bayi

Pampers sebetulnya adalah nama merk dagang dari popok sekali pakai yang terkenal hingga saat ini. Popok ini memungkinkan bahannya untuk menyerap air seni bayi sehingga permukaan popok tetap kering dan bayi tetap nyaman. Penggunaannya memungkinkan Anda untuk hanya mengganti popok sebanyak 2 atau 3 kali saja dalam satu hari. Bayi usia baru lahir akan sering buang air hingga 10 kali seharinya sehingga penggunaan popok sekali pakai ini akan mengurangi frekuensi Anda mengganti popok bayi. Karena sekali pakai, maka Anda tak perlu mencucinya lagi dan bisa langsung dibuang. Popok ini juga bisa menahan kotoran bayi namun sebaiknya langsung diganti agar kulit bayi tetap bersih dari kotorannya.

Di jaman sekarang ini, penggunaan pampers bayi menjadi lebih populer dari sebelumnya. Selain untuk mengurangi frekuensi ganti popok, orang tua juga menggunakan popok sekali pakai untuk bayinya saat mengajak sang bayi keluar rumah. Dengan begitu Anda tak perlu mengganti popok bayi di tempat asing yang mungkin saja sulit dilakukan. Sebagai contohnya adalah ketika orang tua mengajak bayi untuk menghadiri resepsi, bersilaturahmi dengan keluarga dan sebagainya.

Baca Juga:Cara Merawat Bayi yang Terkena Ruam Popok

Meski banyak kelebihan yang diberikan, namun ada juga kekurangan yang bisa diakibatkan oleh penggunaan popok bayi sekali pakai. Karena menggunakan bahan plastik, kulit bayi bisa saja tidak cocok sehingga mengakibatkan iritasi. Selain itu jika Anda terlalu lama membiarkan popok yang sudah penuh, bisa mengakibatkan ruam popok di bagian pantat bayi. Kekurangan lain adalah limbah bekas popok sekali pakai yang semakin banyak karena penggunaannya juga semakin populer.

Itulah kelebihan dan kekurangan penggunaan pampers bayi atau popok sekali pakai untuk bayi. Untuk menyiasati hal tersebut Anda bisa menggunakan popok sekali pakai namun juga membatasi penggunaannya. Sebaiknya popok sekali pakai hanya digunakan untuk keadaan darurat atau khusus misalnya ketika bayi diajak keluar rumah dalam waktu yang lama. Untuk penggunaan di dalam rumah, dianjurkan tetap menggunakan popok kain biasa yang lebih nyaman dan aman untuk kulit bayi. Selain pampers, banyak juga merk popok sekali pakai lainnya termasuk merk lokal yang dijual dengan harga lebih terjangkau dan dengan ukuran yang beragam.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *