Tips dan Trik

Kemampuan Seperti Apa yang Dimiliki Bayi Empat Bulan

Jika memiliki bayi empat bulan, di usia ini biasanya Anda akan mulai mendengar ia berceloteh atau mengucapkan satu dua kata seperti ba-ba. Selain itu, bayi yang berusia 4 bulan sudah dapat berguling dari posisi tengkurap ke telentang dan sebaliknya. Berat badannya pun ikut bertambah menjadi dua kali lupat dibanding saat ia dilahirkan. Bayi yang berusia 4 bulan, dengan jenis kelamin laki-laki biasanya memiliki bobot 5,6 kilogram hingga 8,6 kilogram, sedangkan perempuan 5,1 kilogram hingga 8,1 kilogram.

Kemampuan Seperti Apa yang Dimiliki Bayi Empat Bulan

Di usia ini, ia dapat menangkap kemampuan vokal serta konsonan pembentuk kata dasar dalam bahasa yang sering di dengar. Walaupun belum dapat mengidentifikasi kata-kata tersebut sebagai nama benda maupun panggilan orang lain. Tetapi, ia akan tetap bersemangat mengucapkan kata-kata tersebut.

Kemampuan Motorik Bayi Empat Bulan

Di usia ini, kursi goyang yang khusus untuk bayi bisa menjadi sarana bermain yang tepat untuknya. Mainan yang tergantung di atas juga bisa menjadi alat pengembang koordinasi tangan serta matanya. Tak hanya itu, pada umumnya bayi yang berusia 4 bulan mempunyai kemampuan seperti:

  • Bisa meraih benda yang mengundang perhatiannya,
  • Penglihatannya pun akan terus membaik,
  • Matanya bisa mengikuti pergerakan serta perpindahan dari satu tempat ke tempat lain,
  • Kepalanya bisa tegak tanpa disanggah orang dewasa,
  • Bisa menggulingkan badan dari posisi telentang ke tengkurap dan sebaliknya. Ketika dibaringkan tengkurap, ia bisa menegakkan tangan serta kakinya, dan melengkungkan punggung. Posisi ini bisa berguna untuk memperkuat leher dan kepala untuk persiapan duduk.
  • Saat didirikan, bayi empat bulan akan berusaha menjejak-jejakan kakinya ke lantai.

Kemampuan Berbicara

Ia mulai bisa berceloteh serta menirukan suara yang ia dengar dengan memperhatikan gerak bibir ketika Anda Bicara. Bayi yang berumur 4 bulan mulai berceloteh dengan memadukan konsonan serta vokal seperti ya ya atau pa pa. Anda bisa mengajaknya berkomunikasi dengan cara mengucapkan kata sederhana seperti papa, mama. Kemungkinan besar ia sudah bisa menirukan ucapan Anda.

Konsultasikan Pada Dokter

Kemampuan bayi empat bulan antara satu dengan yang lain tidak dapat disamakan. Keterangan di atas adalah hal yang bisa menjadi panduan. Tetapi, tidak menjadi sebuah keharusan untuk kemampuan yang ia miliki di usia tersebut. Walaupun demikian, bila ada hal yang dicemaskan, Anda bisa segera melakukan konsultasi pada dokter. Sebaiknya, periksakan bayi ke dokter bila ia tak tersenyum atau melihat ada hal yang menarik perhatian, selain itu kepalanya tidak bisa bergerak atau tegak dengan sendirinya, terakhir, kakinya tidak menjejak permukaan lantai saat diposisikan berdiri.

Simak juga tips dan trik nya untuk merawat si bayi agar tetap sehat. Baca selengkapnya di boxbayi.net

Pada dasarnya, semua hal bisa menjadi mainan yang menarik untuk bayi empat bulan, sehingga di usia ini sebenarnya ia belum membutuhkan banyak mainan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *