Tips dan Trik

Kenali 3 Penyebab Pipi Bayi Merah yang Tidak Normal

Jika Anda melihat pipi bayi memerah memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, siapa sangka jika kondisi tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah pada kesehatan bayi, salah satunya seperti pertanda bahwa gigi bayi sedang tumbuh. Hal tersebut terjadi karena gigi bayi mulai menembus gusi.

Kenali 3 Penyebab Pipi Bayi Merah yang Tidak Normal

Selain menjadi pertanda bahwa gigi bayi sedang tumbuh, pipi bayi yang memerah juga bisa menjadi pertanda jika si kecil mengidap suatu penyakit tertentu. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan gejala apa saja yang mungkin akan muncul selain merah pada pipi. Berikut ini ada ulasan beberapa penyakit yang menyebabkan pipi pada bayi jadi merah.

Fifth disease

Nama lain dari penyakit ini adalah slapped cheeks disease atau yang berarti penyakit kelima. Umumnya, penyakit ini menggambarkan gejala berupa pipi bayi yang kemerahan pada kulit seperti habis ditampar. Penyakit ini lebih sering dijumpai pada anak-anak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Fifth disease disebabkan oleh parvovirus B19 yang tertular melalui air liur dan pernapasan.

Gejala lain dari penyakit ini selain pipi memerah adalah bayi mengalami demam, hidung tersumbat oleh cairan dan tubuh menjadi lemas. Gejala ini hampir mirip dengan gejala penyakit flu. Yang membedakannya penyakit ini dengan penyakit flu adalah munculnya ruam yang menyebar hingga ke bagian tubuh lain. Namun, tak perlu khawatir karena penyakit ini bisa diatasi dengan konsumsi obat paracetamol dan memperbanyak istirahat.

Alergi

Ruam merah pada pipi bayi bisa menjadi isyarat jika bayi sedang mengalami alergi. Untuk itu kenali dulu apa yang menjadi penyebab alergi pada si kecil. Jika penyebabnya adalah makanan, maka zat makanan tersebut langsung menyerang sistem imun bayi dan menganggapnya sebagai zat yang berbahaya. Munculnya ruam pada pipi bayi disertai dengan rasa gatal yang bahkan bisa menyebar hingga ke bagian tubuh lainnya.

Umumnya gejala tersebut muncul sesaat setelah bayi mengonsumsi makanan tertentu. Keadaan tersebut diperparah dengan munculnya gejala lain seperti batuk, diare, muntah, sesak napas dan bahkan pembengkakan pada wajah. Jika bayi Anda mengalami gejala tersebut, segeralah untuk membawanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Rosacea

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang ada di usus dan masalah pada pembuluh dara yang ada di sekitar wajah. Munculnya penyakit yang berupa peradangan pada kulit ini ditandai dengan kemerahan pada pipi bayi dan area sekitar wajah yang disertai dengan gejala lain seperti adanya benjolan di kelopak mata, pori-pori kulit menjadi lebih besar dan hidung bengkak. Sama seperti alergi, penyakit ini disebabkan karena alasan tertentu. Salah satunya diakibatkan karena konsumsi makanan yang tidak cocok dengan kondisi bayi. Jika Anda sudah melihat gejala tersebut pada bayi Anda, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mandapatkan obat yang sesuai untuk bayi Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *