Tips dan Trik

Kenali 6 Tanda Kehamilan Sehat Pada Trimester Pertama

Saat hamil muda wanita sering mengkhawatirkan perubahan yang terjadi pada dirinya, apakah itu pertanda kehamilan yang sehat ataukah membahayakan ibu dan janin. Penting sekali untuk selalu memantau kondisi kesehatan ibu hamil, baik fisik maupun mental ibu hamil, agar dapat segera terdeteksi bila terdapat tanda-tanda gangguan pada kehamilan. Meskipun tanda kehamilan sehat pada trimester pertama pada setiap wanita bisa berbeda-beda, namun pada umumnya tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Morning Sickness (Mual dan Muntah)

Pada trimester pertama ibu hamil biasanya mengalami morning sickness yang ditandai dengan mual-mual dan muntah-muntah. Ini terjadi karena adaptasi tubuh untuk merespons perubahan hormon. Mual dan muntah ini cenderung terjadi pada pagi atau malam hari dan sering kali muncul tanpa sebab. Walaupun ini merupakan tanda kehamilan sehat, bila mual dan muntah ini parah dan cenderung mengganggu kesehatan, segera periksakan kehamilan ke dokter kandungan atau bidan.

  1. Payudara Semakin Kencang dan Padat

Perubahan yang dialami sembilan dari sepuluh wanita hamil ini berlangsung hingga usia kehamilan trimester akhir. Perubahan ditandai dengan kondisi payudara yang semakin kencang dan padat. Ini merupakan tanda kehamilan sehat sebagai persiapan fisik ibu hamil untuk memproduksi ASI.

  1. Tekanan Darah Normal

Tekanan darah yang normal merupakan tanda kehamilan sehat. Sementara itu, bila Anda mempunyai riwayat hipertensi/hipotensi, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum merencanakan kehamilan.

  1. Perut Sedikit Membesar

Kondisi perut yang sehat dapat diketahui lewat konsultasi dengan dokter kandungan karena pemeriksaannya memerlukan penggunaan alat medis. Pada umumnya perut belum begitu besar pada trimester pertama. Namun, bila mengalami kehamilan kembar, perubahan pada perut Anda akan terasa sangat cepat. Bahkan, pembesaran perut sudah mulai tampak ketika memasuki bulan ketiga.

Baca Juga : Agar Janin Sehat, Inilah Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

  1. Pertumbuhan Janin

Karena janin terbilang masih sangat kecil pada saat trimester pertama, detak jantungnya masih sulit diketahui. Umumnya itu baru dapat diketahui ketika memasuki awal trimester kedua. Walaupun demikian, Anda tida perlu khawatir. Ini merupakan tanda kehamilan sehat.

Bila Anda ingin mengetahui pergerakan janin pada trimester pertama, Anda dapat meminta bantuan bidan atau dokter kandungan untuk melakukan USG.

  1. Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati alias mood pada wanita hamil terjadi karena adaptasi tubuh terhadap hormon kehamilan. Suasana hati dapat berubah sangat cepat, misalnya Anda tiba-tiba merasa sedih dan kehilangan, lalu marah tanpa sebab yang jelas.

Perubahan suasana hati ini akan terus dialami oleh ibu hamil pada akhir trimester pertama. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena seiring dengan pertambahan usia kehamilan, perubahan mood ini akan hilang dengan sendirinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *