Penyakit / Perawatan Bayi

Kenali Ciri Kanker Leukimia Sejak Dini!

Menjaga kesehatan adalah kewajiban semua orang.  Tubuh yang sehat bisa memudahkan kita untuk melakukan semua pekerjaan. Namun ada kalanya manusia diberikan penyakit yang tidak diingikannya, mulai dari penyakit yang biasa saja atau penyakit yang serius, salah satunya adalah kanker.  Jenis penyakit kanker memang beragam, mulai dari kanker payudara, kaknker serviks yang memang notabene menyerang pada wanita, dan juga leukimia.  Leukimia atau yang lebih dikenal dengan istilah kanker darah disebabkan karena produksi dan fungsi sel darah putih yang berlebihan. Penyebab leukimia memang susah diketahui sehingga terkadang orang tidak meyadari bahwa dirinya mengalami leukimia.

Tanda leukimia memang lebih kentara sehingga kamu bisa mengenalinya lebih dini.  Berikut beberapa ciri kanker leukimia yang harus kamu tahu :

 

  1. Sering Mengalami Memar pada Bagian Tubuh

Gejala awal yang bisa kelihatan adalah penderita leukimia sering mengalami memar ataupun pendarahan. Hal tersebut dikarenakan tubuh mengalami kekurangan trombosit. Trombosit sendiri bisa berguna dalam membantu pembekuan darah. Sehingga apabila jumlah trombosit berkurang maka jika terjadi luka maka pembekuan darah akan susah.

Selain itu, pembekuan darah yang terganggu akan mengakibatkan munculnya bintik merah atau bewarna keunguan karena akibat pendarahan minor pada kulit.

 

  1. Mudah Terkena Infeksi

Karena kondisi sel darah putih tidak normal maka beberapa kuman yang menyerang tubuh tidak akan bisa dilawan oleh sel darah putih dan dampaknya tubuh akan sering mengalami demam yang berlangsung selama beberapa hari.

 

  1. Anemia

Penderita leukimia juga akan sering mengalami anemia, hal tersebut dikarenakan tubuh mengalami kekurangan pasokan sel darah merah yang menyebabkan penderita leukimia menjadi sesak napas, mudah letih lesu, dan kulit berwarna pucat. Keadaan ini akan semakin parah jika penderita tidak melakukan pengobatan di rumah sakit.

 

  1. Nyeri pada Bagian Sendi dan Tulang

Gejala lain yang dirasakan oleh penderita leukimia adalah nyeri yang dirasakan pada bagian sendi dan tulang belakang. Pada keadaan yang serius, hal tersebut akan menyebabkan penderita mengalami deman yang tinggi. Selain merasakan nyeri pada bagian tersebut, penderita leukimia juga akan merasakan nyeri pada bagian perut dikarenakan mengalmi pembekakan.

 

  1. Mimisan

Ciri kanker leukimia yang paling kelihatan adalah penderita sering mengalami mimisan. Selain hal tersebut, penderita leukimia juga akan mengalami mual, peradangan pada gusi, sakit kepala, nafsu makan yang berkurang sampai pengurangan berat badan.

Setelah mengetahui mengenai ciri-cirinya, berikut pemicu penyebab penyakit leukimia adalah :

  1. Paparan Radiasi

Walaupun susah untuk terdeteksi, namun ada penelitian yang menyebutkan terpapar radiasi dalam jumlah yang rendah juga akan bisa meningkatkan risiko terkena leukimia. Seperti hal ini kegitan rontgen ketika hamil  tidak disarankan karena hal tersebut akan mmeberikan ancaram bagi bayi terkena penyakit leukimia.

 

  1. Obesitas

Berat badan berlebih sampai pada fase obesitas memang akan menimbulkan berbagai risiko penyakit degenaratif. Hal tersebut juga akan mempengaruhi risiko terjadi kanker leukimia dibandingkan dengan berat badan normal. Hal yang perlu kamu lakukan adalah untuk menjaga pola makanan secara teratur, tidak merokok, dan juga melakukan olahraga secara rutin.

 

  1. Kopi dan Rokok

Rokok juga bisa menjadi pemicu terjadinya kanker baik untuk perokok pasif ataupun perokok aktif. Hal tersebut dikarenakan kandungan karsinogenik pada rokok akan mempengaruhi kinerja paru-paru dan aliran pembuluh darah. Sedangkan konsumsi 2 cangkir kopi selama masa kehamilan juga bisa mengakibatkan bayi yang dikandungnya mengalami leukimia.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *