Tips dan Trik

Kenali dan Pelajari Tahapan Saat Bayi Belajar Menggenggam

Untuk bayi, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang penting. Pasalnya, saat bayi baru lahir, bayi akan memiliki kemampuan untuk menggenggam. Di mana hal tersebut ditandai dengan kepalan tangan. Meskipun begitu, Anda juga harus mengenali tahapan saat bayi belajar menggenggam sampai kepalannya kuat dan benda yang dikepalnya tidak terjatuh.

Kenali dan Pelajari Tahapan Saat Bayi Belajar Menggenggam

Tahapan Menggenggam Pada Bayi

Nah, untuk mengenali dan mempelajari tahapan perkembangan proses bayi belajar menggengam, Anda bisa simak ulasan berikut:

  1. 0 – 2 Bulan. Alamiahnya, bayi akan langsung mempunyai gerakan refleks untuk menggenggang jari-jari mungilnya atau menggenggam jari yang menyentuhnya. Itu adalah gerakan naluriah yang tidak disengaja dan pasti dilakukan oleh bayi sampai usia 2 bulan.
  2. 3-4 bulan. Setelah bayi berusia lebih dari 2 bulan, atau sekitar 3-4 bulan, bayi akan lebih banyak membuka tangannya. Sudah mulai ada kesadaran bahwa tangan adalah bagian tubuhnya yang kemudian membuatnya bereksplorasi untuk mengepalkan tangannya atau bahkan mengisap jari jemarinya. Meskipun kepalannya tidak terlalu kuat pada usia 4 bulan, namun bayi sudah mampu mengambil barang-barang kecil di sekitarnya.
  3. 6-8 Bulan. Saat bayi sudah berusia 6 atau 7 bulan, di mana sudah mampu untuk duduk, Si Kecil pun akan lebih aktif dan mahir menggunakan tangannya. Menggengam erat benda yang diinginkan, dan memindahkannya dari satu tempat ke tempat yang lain. Namun, pada saat ini Anda perlu waspada, sebab seringkali SI Kecil senang memasukkan benda apa saja ke dalam mulutnya.
  4. 9-12 bulan.Pada usia ini, kemampuan dominan tangan kanan atau tangan kiri sudah mulai terlihat.
  5. 18 Bulan Ke atas. Setelah memasuki usia ini, Si Kecil akan lebih dan mulai tertarik dengan alat-alat tulis, menggenggamnya, bahkan mencoba menggunakannya. Setalah sampai di usia 3 tahun, kemampuan koordinasinya pun akan meningkat untuk mulai menulis huruf, bahkan menuliskan namanya sendiri.

Tips Melatih Kemampuan Menggenggam

Selain mengenali tahap kemampuan menggenggam Si Kecil, Anda juga bisa melatih dan mendukung kemampuan menggenggam anak Anda dengan beberapa tips berikut:

  • Berikan mainan yang menarik dan aman dipegang. Tempatkan mainan tersebut di area yang mudah dijangkau untuk bayi belajar mengambil dan memegang benda tersebut.
  • Saat usia sudah 3 bulan, Anda bisa membantu Si Kecil dengan membaringkannya di atas lantai dengan alas lembut di tambah mainan atau benda yang bisa menarik perhatian untuk Si Kecil bisa menjangkaunya.
  • Meskipun belum mengerti apa yang dikatakan, sempatkan untuk membacakan buku-buku pada Si Kecil, ini akan merangsang anak tertarik untuk membolak-balik halaman buku tersebut.
  • Sediakan makanan atau kue setelah usianya cukup untuk diberi makanan pelengkap yang bisa melatih kemampuannya dalam menggenggam benda dengan kuat.
  • Jika perkembangan tidak sesuai dengan usia Si Kecil atau terkesan lambat, konsultasikan pada dokter anak Anda.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *