Tips dan Trik

Kenali Makanan Bayi yang Baik Dikonsumsi Untuk Pertama Kali

Para orangtua yang memiliki bayi khususnya bagi orangtua baru selalu mengharapkan buah hatinya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Semua hal akan diperhatikan dengan seksama khususnya makanan yang dikonsumsi. Biasanya para orangtua bingung dalam mengenalkan jenis makanan apa yang akan dikonsumsi bayi mereka untuk pertama kali. Hal ini menjadi perhatian khusus pada bayi usia 6 bulan ke atas sehingga orangtua harus cerdas dan bijak dalam memilih makanan untuk dikonsumsi buah hatinya. Hal terpentingnya yaitu kenalkan berbagai jenis varian rasa pada bayi Anda agar terbiasa serta pastikan untuk memberikan makanan bayi yang bertekstur lembut.

Kenali Makanan Bayi yang Baik Dikonsumsi Untuk Pertama Kali

Rekomendasi Makanan Untuk Bayi

  1. Berbagai macam sayuran yang dimasak (lebih baik dikukus) seperti wortel, kentang, ubi
  2. Buah-buahan yang dihaluskan atau ditumbuk seperti alpukat, pir, pisang, dan apel
  3. Buah-buahan yang dipotong kecil-kecil seperti melon, peach, apel (jenis buah lembut dan pastikan sudah matang)
  4. Campuran potongan sayur dan buah

Waktu yang Tepat Untuk Menggabungkan Buah dan Sayur

Jika Anda memberikan buah kepada bayi sebagai makanan pertamanya, maka mulailah untuk beralih ke sayuran agar bayi bisa beradaptasi dengan rasa dari sayuran tersebut. Hal ini dikarenakan bayi cenderung menyukai rasa manis dari buah daripada rasa hambar bahkan pahit dari sayur. Dengan adanya kombinasi makanan bayi yang tepat, akan membuat anak Anda menjadi terbiasa mengkonsumsi buah dan sayur seiring bertambahnya usia.

Anda juga tidak perlu khawatir jika pada awal pemberian sayur, si anak tidak mau memakannya. Hal ini sangat wajar terjadi, sehingga sebagai orangtua Anda hanya perlu telaten dan sabar. Anda dapat mencoba membuat campuran makanan yang tepat tanpa menghilangkan salah satu bahan baik buah maupun sayur dan lakukan secara bertahap.

Jenis Makanan Lain yang Baik Dikonsumsi Si Bayi

Makanan bayi untuk usia 6 bulan ke atas terdiri dari berbagai macam jenis baik sudah dalam bentuk kemasan maupun dapat dibuat sendiri. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk dikonsumsi, diantaranya yaitu:

  1. Ikan
  2. Kacang-kacangan dan biji-bijian
  3. Daging
  4. Mentega dan selai kacang
  5. Kue beras, sereal yang dicampur susu formula maupun ASI
  6. Produk susu seperti keju, pudding bahkan yogurt

Jika terdapat makanan yang dapat menimbulkan alergi khususnya ada riwayat keturunan hingga menimbulkan eksim dan asma, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter agar memberikan asupan makanan bayi yang tepat pada buah hati. Berikut ini beberapa makanan rendah alergi yang dapat dicoba untuk dikonsumsi bayi Anda, diantaranya yaitu:

  1. Buah-buahan seperti apel, pisang, pir, apricot, plum, persik, pisang hijau dan alpukat
  2. Sayuran seperti brokoli, bayam, kembang kol, courgette, dan kacang hijau
  3. Sayuran akar seperti labu siam, kentang, wortel, ubi jalar, dan lobak

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *