Tips dan Trik

Kenali Masalah Umum Pada Kulit Bayi dan Cara Penanganan yang Tepat Berikut Ini!

Ketika harus mengurus buah hati apalagi dalam kondisi yang masih bayi bukanlah sesuatu yang mudah dikerjakan. Banyak sekali yang perlu untuk diperhatikan supaya bayi tetap dapat tumbuh sehat, ceria dan cerdas sampai dengan dewasa. Orang tua harus paham apa saja yang dapat menghambat pertumbuhan dari di kecil tersebut. Misalnya saja untuk kesehatan kulit bayi yang masih sering disepelekan, padahal ini dapat mempengaruhi hal besar jika tidak diatas dengan baik dan benar oleh orang tua.

Kenali Masalah Umum Pada Kulit Bayi dan Cara Penanganan yang Tepat Berikut Ini! 

Seperti biasa segala hal pada bagian tubuh bayi yang masih belum sempurna memang sangat sensitive sekali dengan berbagai kondisi lingkungan. Misalnya saja karena cuaca yang buruk, faktor pakaian yang digunakan, kebersihan dan masih banyak lagi lainnya. Hal itu terlihat jelas pada bagian kulit anak yang mudah sekali muncul ruam atau memerah, meskipun ini penyakit yang biasa tetapi jika dibiarkan saja pasti akan semakin parah. Terlebih lagi anak mempunyai garis keturunan yang sangat alergi dengan beberapa hal dari orang tuanya pasti perlu sekali untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Si kecil tidak akan sadar apa yang dialami pada bagian kulitnya, hanya saja mungkin karena rasa gatal yang berlebihan membuatnya harus menggaruk. Nah, sebelum semakin parah atau lecet ada baiknya orang tua paham hal apa saja yang menjadi penyebab masalah tersebut seperti:

  • Munculnya jerawat.

Mungkin tidak sedikit orang yang kurang paham akan penyakit jerawat pada kulit bayi, memang jerawat lebih identik dengan mereka yang sudah dewasa ataupun masa remaja. Dari wujudnya memang berbeda, untuk bayi umumnya muncul jerawat yang lebih kecil seperti benjolan yang memerah. Umumnya untuk mengatasi masalah ini bisa menggunakan krim atau selep khusus, untuk lebih baiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

  • Biang keringat.

Lalu ada masalah yang dapat muncul pada kulit buah hati kesayangan Anda yaitu biang keringat. Ini muncul dengan tanda memerah pada beberapa bagian tubuh tertentu yang sangat gatal dan tentunya membuat tubuh terasa panas. Mulai dari dada, punggung, pada, wajah dan masih banyak lagi lainnya.

  • Ruam popok,

Masalah yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat secara luas adalah ruam popok yang diakibatkan oleh pemakaian diapers. Gesekan yang terjadi pada kulit bisa menjadi penyebab masalah ini, tangani dengan lebih menjaga kebersihan lingkungan dan pakaian.

Itulah beberapa penyebab yang dapat membuat kenyamanan si kecil menurun dan sering rewel akibat gangguan pada bagian kulit mereka. Pada dasarnya memang kulit bayi lebih lembut dan sangat sensitive sekali. Jadi hati-hati dalam perawatannya supaya tidak menimbulkan efek berbahaya pada buah hati kesayangan Anda. Jangan menunggu sampai parah baru Anda konsultasikan kepada dokter, lebih baik segera lakukan sebelum semuanya terlambat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *