Tips dan Trik

Kenali penyebab Nafsu Makan Anak Menurun dan Cara Mengatasinya

Semua orang tua pasti akan mengalami kebingungan ketika nafsu makan anak menurun. Nafsu makan anak tidak bisa dianggap sepele, karena anak-anak memerlukan nutrisi yang teratur dan seimbang agar tumbuh kembangnya lebih optimal

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab anak kehilangan nafsu makan, diantaranya adalah faktor yang berhubungan dengan perkembangan anak dan ada juga karena faktor kesehatan. Berikut penjelasannya:

Bosan Terhadap Tekstur dan Rasa Makanan

Rasa bosan terhadp tekstur dan rasa makanan biasanya terjadi setelah anak melewati usia 1 tahun. Anda sudah mulai bisa memberikan makanan dengan tekstur yang agak kental dan memberikan jenis makanan yang bisa melatih gerakan peristaltic rongga mulutnya. Namun hindari makanan yang teksturnya kasar dank eras karena bisa melukai mulutnya dan susah BAB.

Rasa Ingin Tahu Besar/ Sedang Aktif Aktifnya

Saat balita anak akan memasuki fase perkembangan salah satunya rasa ingin tahu apa yang ada disekelilingnya. Karena asik memperhatikan dunia luar, acara makan menjadi tidak ia pedulikan. Ia merasa bosan makan dengan cara disuapi atau ia menganggap acara makan mengganggu keasyikannya saat bermain.

Anak menjadi lebih tertarik mengeksplorasi atau mengenali sesuatu yang baru. Perhatiannya lebih besar ke objek yang ia temukan akibatnya rasa lapar diperutnya hilang.

Baca Juga: Awal Pemberian Makanan Bayi Awali Dengan Buah-Buahan

Cari Perhatian

Kadang-kadang nafsu makan anak menurun karena ingin diperhatikan dan dimanja. Apalagi jika ibu bekerja di luar rumah dan waktu kebersamaan dengan anak berkurang. Menolak makan bisa jadi salah satu cara agar Anda bisa lebih lama meluangkan waktu dengannya.

Makan Cemilan

Ketika anak mulai terbiasa nyemil atau jajan bisa menjadi faktor penyebab nafsu makan ke makanan pokok menurun. Apalagi jika ibu memberikan keleluasaan anak jajan setiap hari. Jajanan yang beraneka ragam, bentuk dan rasa membuat anak kecanduan. Anak jadi lebih suka makan jajanan di bandingkan harus makan nasi bersama lauk pauk. Mengatasi masalah tersebut sebaiknya jangan berikan cemilan sebelum ia menghabiskan makanan pokoknya dan jangan berikan cemilan terlalu banyak.

Sedang Tumbuh Gigi

Anak susah makan bisa juga disebabkan karena mengalami gangguan atau tanda-tanda fisiknya tengah mengalami perubahan, misalnya: saat giginya akan tumbuh. Untuk mengatasi masalah tersebut, ibu bisa memberikan makanan yang bertekstur halus dan lembut.

Kondisi Tubuh yang Tidak Sehat

Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab anak susah makan adalah kondisi tubuhnya yang sedang tidak sehat/ tidak enak badan, contohnya: flu, batuk, demam dsb. Kondisi tersebut berdampak pada lidah rasanya pahit, anak tidak bergairah melakukan aktivitas apapun termasuk makan.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat nafsu makan anak menurun. Dengan mengetahui penyebabnya semoga dapat membantu ibu memilih cara yang tepat untuk mengatasinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *