Tips dan Trik

Kenali Penyebab Umum Pipi Bayi Memerah yang Terlihat Berbahaya

Melihat bayi dengan pipi yang besar tentunya sangat menggemaskan sekali untuk dicium ataupun dipegang. Tetapi terkadang kelucuan tingkat bayi tersebut terhalang dengan kondisi pipi bayi yang bermasalah seperti memerah. Inilah kondisi yang tidak jarang dialami oleh para ibu yang sedang mempunyai buah hati baru. Kekhawatiran ketika melihat hal itu tentu saja ada, apalagi jika memang itu bisa sangat berbahaya untuk kesehatan anak. Sebelum terlambat ada baiknya untuk segera konsultasikan terlebih dahulu.

 Kenali Penyebab Umum Pipi Bayi Memerah yang Terlihat Berbahaya

Tumbuhnya gigi pada anak itu sangat wajar sekali salah satu tanda itu bisa dilihat pada bagian pipi si kecil yang memerah. Selain itu bisa disertai dengan demam yang cukup tinggi atau rasa sakit yang membuat anak rewel. Jika anak hanya mengalami pipi yang memerah saja belum bisa dipastikan bahwa itu merupakan tanda muncul gigi. Ada banyak sekali hal yang perlu diwaspadai ketika Anda sebagai orang tua melihat hal tersebut. Nah, berikut ini bahaya pipi yang memerah pada anak berkaitan dengan kesehatan yaitu:

  • Fifth disease.

Ini merupakan sebuah penyakit yang mempunyai nama latin cukup banyak, meskipun bisa terjadi pada orang dewasa tetapi lebih didominasi oleh anak-anak . Penyakit ini bisa disebabkan oleh penyebaran salah satu bakteri melalui air liur dan juga pernafasan. Selain pipi yang memerah ada gejala lainnya seperti sakit kepala, tubuh lemas, demand an lainnya.

  • Alergi.

Kemungkinan kondisi pipi bayi yang memerah selanjutnya adalah adanya gangguan alergi pada kulit, lebih sering alergi karena makanan. Ini bisa terjadi pada usia berapa saja, tetapi memang lebih umum terjadi pada usia anak-anak. Nah, untuk menangani masalah ini Anda bisa lihat zat seperti apa yang berbahaya dan tentunya harus dihindarkan dari anak mengenai makanan tersebut.

  • Rosacea.

Ini merupakan kondisi dimana kulit pada bagian paling luar mengalami peradangan yang disebabkan oleh bakteri hidup seperti tungau, usus, dan masih lainnya pada sekitar wajah. Meskipun memang lebih cenderung pada anak-anak dan dewasa tetapi rupanya bayi juga mempunyai potensi yang sama terhadap penyakit ini. Selain pada pipi yang memerah ternyata muncul gejala lainnya seperti kulit yang menebal dan kering, pori terlihat lebih besar, hidung membengkak dan masih banyak lagi tanda lainnya.

Itulah beberapa tanda bahaya yang bisa Anda kenali dan pahami dari seorang bayi yang mengalami masalah pada pipi. Memang secara umum memang lebih biasa pipi bayi memerah karena masalah tumbuh gigi tetapi hal itu bisa lebih berbahaya jika diiringi dengan tanda lainnya. Ini penting sekali untuk orang tua, apalagi yang masih baru sekali menjadi ibu pasti belum begitu paham. Jangan terlalu anggap remeh tanda yang muncul pada beberapa bagian tubuh anak karena bisa jadi itu sangat berbahaya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *