Tips dan Trik

Kenali Tanda-Tanda Kehamilan Sehat & Normal

Kehamilan sehat dan normal merupakan hal yang penting karena hal tersebut berkaitan dengan kesehatan ibu dan janin. Agar proses selama hamil selalu dalam kondisi sehat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya: asupan makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang, berat badan yang ideal dan olahraga sesuai dengan kondisi.

Dalam artikel ini kami akan memberikan gambaran mengenai tanda kehamilan sehat dan normal:

Tekanan Darah dan Kadar Gula Tubuh Ibu Hamil

Saat hamil umumnya terjadi perubahan tekanan darah dan kadar gula darah. Namun harus diwaspadai ketika berubah secara drastis. Kedua hal tersebut menjadi hal penting bagi kesehatan ibu dan janin. Jika terlalu drastis perubahannya dikhawatirkan dapat memicu lahir secara prematur jadi jika mengalami hal tersebut sebaiknya segera periksa atau konsultasikan ke dokter spesialis kandungan atau bidan.

Rahim  dan Plasenta

Hamil yang sehat ditandai dengan kondisi rahim dan plasenta yang sehat pula. Kondisi janin aman atau tidaknya selama kehamilan dipengaruhi pula oleh kondisi rahim dan plasenta. Artinya plasenta harus dalam kondisi melekat pada dinding rahim, jika plasenta lepas biasanya bisa menyebabkan keguguran.

Agar rahim dan plasenta sehat caranya adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Jika pernah mengalami riwayat gangguan kesehatan yang berhubungan dengan rahim sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Baca Juga : Makanan Ibu Hamil Sesuai Dengan Kebutuhan

Pertumbuhan dan Pergerakan Janin

Ibu hamil harus rajin memeriksa kondisi kesehatan dirinya dan janin yang ada di dalam perutnya. Caranya bisa dengan pemeriksaan USG. Jika terjadi tanda-tanda kekurangan oksigen di dalam rahim sebaiknya segera tangani lebih lanjut karena hal ini bisa menyebabkan fungsi plasenta terganggu.

Selain memeriksa pertumbuhan janin, ibu hamil perlu memeriksa pergerakan janin setiap trimester. Saat memasuki minggu ke 6 dan ke 10 biasanya mulai terasa ada pergerakan janin. Gerakan janin dianggap atau dijadikan tanda janin di dalam perut dalam kondisi sehat dan menerima oksigen yang cukup.

Berat Badan Ibu Hamil

Saat awal kehamilan dokter biasanya menyarankan ibu hamil naik berat badannya sekitar 13-15kg. Sedangkan ibu hamil yang memiliki kelebihan bera badan biasanya dokter akan memberikan anjuran tersebiri selama masa kehamilan dengan catatan tetap terjaga kesehatannya.

Kondisi Hormon

Selama kehamilan hormon di dalam tubuh akan mengalai perubahan. Perubahan tersebut berdampak pada perubahan fisik dan psikis. Salah satu perubahan hormone adalah hormone progesterone yang bisa mencapai 400mg. Selain itu perubahan terjadi pada hormon estrogen yang fungsinya membentuk jarinagn dan menampung janin di dalam perut.

Demikian tanda-tanda kehamilan sehat dan normal. Jika Anda mengalami gejala atau tanda yang tidak wajar, segera konsultasikan ke dokter kandungan atau bidan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *