Tips dan Trik

Ketahui Manfaat Melakukan Pijat Bayi yang Harus Anda Ketahui

Pijat bayi dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan sekaligus perkembangan bayi dengan cara memberikan stimulasi gerak, raba, dan dengan kombinasi stimulasi yang lainnya. Sedangkan untuk stimulasi pijat ini akan dilakukan pada suasana yang nyaman dan menyenangkan dan nyaman. Pijat dilakukan selama kisaran 15 menit. Pijat pada bayi sebaiknya dilakukan secara rutin, agar tumbuh dan kembang bayi pun dapat terjaga dengan baik.

 Ketahui Manfaat Melakukan Pijat Bayi yang Harus Anda Ketahui

Teknik dalam pemijatan bayi tidaklah sama, akan tetapi tergantung usia bayi. Namun untuk pemijatan ini dilakukan seluruh tubuh. Sebagian pemijatan bayi ini dilakukan secara berurutan agar tidak ada bagian bayi yang terlewatkan, namun ada juga sebagian pemijatan yang dilakukan tidak berurutan. Kebanyakan masyarakat akan memijat bayinya di dukun bayi, bahkan sekarang ini pun di beberapa rumah sakit, klinik atau puskesmas juga banyak yang menyediakan layanan pijat pada bayi.

Ada banyak manfaat yang dapat untuk Anda ketahui dari melakukan pijat bayi yang secara rutin, yaitu sebagai berikut ini:

  • Dapat meningkatkan frekuensi menyusu pada bayi.
  • Dapat meningkatkan berat badan pada bayi.
  • Dapat membantu bayi agar dapat melatih dirinya sendiri untuk relaksasi.
  • Menjadikan bayi tidur lebih lama dan lebih lelap.
  • Dapat membantu sistem pencernaan bayi, sistem resporasi dan juga sirkulasi pada bayi agar dapat bekerja dengan sebaik mungkin.
  • Pijat yang dilakukan secara rutin juga berguna untuk menjadikan ikatan sang anak dengan orang tua semakin dekat.
  • Dapat mengatasi bayi yang mengalami sakit atau kelelahan, karena bayi bergerak dengan aktif, sehingga menjadikan tubuhnya merasa kelelahan.
  • Dapat membantu meredakan ketidaknyamanan pada bayi, baik kolik maupun saat tumbuh gigi.
  • Dapat menurunkan produksi hormon stres.
  • Dapat mengatasi bayi yang sering kali mengalami gangguan pada tidurnya, misalnya seperti tidak bisa tidur dengan lama.
  • Dapat mempercepat pertumbuhan bayi, sehingga bayi dapat tumbuh dan kembang lebih cepat lagi.

 Itulah banyaknya manfaat dari melakukan pijat pada bayi yang memang sebaiknya dilakukan secara rutin agar bayi Anda dapat merasakan banyaknya manfaat seperti pada ulasan yang ada di atas. Karena bayi juga membutuhkan stimulasi pada tubuhnya, maka sebaiknya pemijatan dilakukan secara rutin. Bagi Anda yang belum mengetahui tata cara atau teknik dalam melakukan pemijatan, maka sebaiknya Anda tidak melakukannya seorang diri, karena hal ini justru akan membahayakan buah hati Anda sendiri.

Apabila Anda tidak mengetahui teknik dalam melakukan pijat bayi, maka Anda bisa untuk menggunakan jasa pemijatan bayi atau Anda dapat pergi ke rumah sakit, puskesmas atau klinik untuk memijatkan bayi Anda, dan tentunya bayi Anda ditangani oleh orang yang profesional, sehingga Anda tidak perlu merasa cemas dan khawatir pada kondisi bayi Anda, karena bayi Anda akan dalam kondisi yang baik-baik saja.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *