Tips dan Trik

Ketahui Penyebab dari Kolik Bayi Berikut Ini!

Kolik bayi bukanlah tanda bahwa bayi Anda sakit, meskipun hal-hal seperti refleks, alergi makanan, dan paparan asap rokok dapat menyebabkan kejengkelan dan robekan lebih lanjut. Namun hal ini bukan tanda bahwa bayi Anda sakit perut, meskipun cara dia meringis, mengepalkan tubuhnya, melengkungkan punggungnya, menarik kakinya ke atas, dan berteriak. Salah satu cara untuk mengetahui apakah bayi Anda kesakitan atau mengalami kolik yaitu dengan mengalihkan perhatiannya.

Ketahui Penyebab dari Kolik Bayi Berikut Ini!

Sakit perut yang buruk tidak hilang ketika Anda menari, nyalakan pengering rambut, atau pergi naik mobil. Lalu apa yang menyebabkan kolik? Kolik berasal dari ketidakseimbangan bahan kimia otak melatonin dan serotonin. Bayi kolik mungkin memiliki lebih banyak serotonin, yang membuat otot usus berkontraksi. Salah satu alasan bayi kolik dapat rewel lebih sering pada malam hari, hal ini dikarenakan tingkat serotonin memuncak pada malam hari. Ketidakseimbangan ini, secara alami akan hilang ketika bayi mulai membuat melatonin, yang melemaskan otot-otot usus.

Bayi akan mendapatkan cukup melatonin dari ibu dalam kandungan, tetapi tingkatnya turun setelah lahir sampai bayi mulai memproduksi sendiri pada 3 sampai 4 bulan dan biasanya kolik bayi akan menghilang. Meskipun itu tidak berbahaya, kolik masih bisa menelan korban. Sebagai permulaan, ini memberikan tekanan yang luar biasa pada orang tua. Kolik sangat menegangkan, tetapi penting untuk diingat bahwa itu juga sementara. Anak Anda mungkin memiliki kondisi medis yang mendasari seperti refluks, alergi, hernia, atau infeksi saluran kemih yang masih harus di diagnosis

Beberapa bayi akan menanggapi banyak dari intervensi ini, beberapa bayi tidak akan menanggapi apapun, dan banyak bayi akan merespon hanya kadang-kadang. Biasanya pada saat Anda mencoba segalanya, bayinya cukup besar sehingga banyak tangisannya berhenti. Bayi memiliki refleks bawaan yang dipicu ketika kita melakukan hal-hal yang meniru kehidupan di dalam rahim. Refleks dapat menenangkan paling baik diaktifkan ketika Anda melakukannya. Anda dapat mencoba variasi dari taktik goyang, memegang, lampin, dan menimbulkan kebisingan.

Cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan meletakkan perut bayi di lengan bawah Anda, kepalanya bersandar di telapak tangan Anda, dan kemudian dengan lembut goyangkan dia dari sisi ke sisi sambil menggosok punggungnya. Cara ini dapat Anda lakukan untuk menghindari kolik bayi yang membuat bayi Anda merasa kurang nyaman. Cara ini akan membuat buah hati Anda tertidur dalam lima menit. Meskipun kolik bukanlah penyakit yang serius dan menakutkan, namun hal ini pun tetap saja dapat mengganggu buah hati Anda. Oleh sebab itulah penting bagi Anda untuk mengetahui cara dalam mengatasi rasa sakit yang diderita oleh buah hati Anda agar bayi Anda tetap bisa merasakan kenyamanan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *