Tips dan Trik

Ketahui Posisi Tidur Bayi yang Tepat dan Tidak Berisiko

Posisi tidur bayi bisa menjadi faktor yang berpengaruh untuk bayi Anda. Kebanyakan orang menganggap, bahwa posisi tengkurap saat bayi tidur bisa menenangkan. Namun untuk usia tertentu, hal tersebut bisa membahayakan. Bahkan jika bayi ditidurkan secara tengkurap dalam rentang usia 1-4 bulan bisa meningkatkan risiko sudden infant death syndrome (SIDS) yang seringkali disebut sindrom bayi meninggal mendadak.

Ketahui Posisi Tidur Bayi yang Tepat dan Tidak Berisiko

Risiko Bayi Tidur Tengkurap

Ketika bayi tidur tengkurap belum pada waktunya atau pada usia rawan, akan memberi tekanan pada rahang sehingga bisa mempersempit saluran pernapasan. Bahkan dari beberapa penelitian disebutkan bahwa sindrom meninggalnya bayi mendadak lebih sering dialami oleh bayi yang tidur tengkurap. Selain mempersempit saluran napas, juga bisa membuat bayi kembali menghirup udara yang sudah dikeluarkan sehingga kadar oksigen turun sementara karbon dioksida meningkat.

Usia Normal Bayi Tengkurap

Meskipun posisi tidur bayi yang tengkurap bisa menyebabkan SIDS, namun tidak selamanya posisi tengkurap ini membahayakan. Pada usia tertentu, seperti 5 bulan ke atas, bayi akan mulai bergerak lebih leluasa hingga menggulingkan tubuhnya bahkan sampai posisi tengkurap dan ini normal terjadi. Hal yang perlu diperhatikan, jangan biarkan bayi tidur tengkurap dalam waktu yang lama karena masih berisiko tinggi.

Posisi yang Tepat

Sampai bayi berusia 12 bulan, risiko SIDS dianggap masih tinggi. Untuk meminimalisir risiko, sebaiknya tidurkan bayi dalam posisi telentang hingga usia satu tahun. Pastikan juga mulut atau hidung bayi tidak terhalang benda apapun. Setelah usia bayi cukup, Anda bisa mulai mengubah posisi tidurnya, dari telentang, tengkurap, atau miring. Namun tetap perhatikan waktunya, jangan terlalu lama.

Tips Aman dalam Menidurkan Bayi

Agar bayi Anda aman dan terbebas dari SIDS, selain posisi tidur bayi yang tepat, Anda juga harus perhatikan hal-hal berikut:

  • Saat anak Anda masih bayi, hindari menidurkan bayi di tempat atau kasur yang terlalu empuk
  • Tidak menaruh bantal ekstra, hindari penggunaan bumper atau pelapis pada pinggiran box bayi
  • Gunakan baju yang nyaman untuk bayi Anda. Hindari pemakaian baju yang berlebihan.
  • Sesuaikan suhu ruangan untuk ruang tidur bayi Anda agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

Cara Mencegah dan Menghindari SIDS

Posisi tidur bayi dan cara menidurkannya memang cukup penting untuk menghindari risiko sindrom kematian mendadak. Namun, Anda juga harus lakukan beberapa hal ini untuk mencegah atau menghindari SIDS:

  1. Upayakan selalu memberi ASI pada bayi sebab ASI dianggap mampu menurunkan risiko SIDS dan menghindarkan bayi dari infeksi apapun.
  2. Berikan empeng atau dot bayi pada waktu yang tepat, yaitu setelah usia satu bulan untuk membantu bayi tertidur. Namun jangan dipaksakan jika bayi menolak.
  3. Jika bayi Anda mempunyai gangguan pada asam lambungnya, konsultasikan ke dokter anak, sebab kemungkinan tidur tengkurap adalah posisi yang lebih baik.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *