Tips dan Trik

Keunikan yang Terjadi Saat Bayi Merangkak

Merangkak adalah segala cara bergerak di mana perut mengarah ke lantai. Banyak gerakan kombinasi unik yang ada dari bagian tubuh bayi merangkak yang digunakan untuk mendorong bayi maju. Bayi akan mulai merangkak dengan menjaga perut mereka di lantai saat mereka bergerak. Perut merambat biasanya mulai merangkak lebih awal dari empat lantai karena mereka tidak bangun dengan tangan dan lutut, yang membutuhkan kekuatan dan keseimbangan yang lebih besar.

Keunikan yang Terjadi Saat Bayi Merangkak

Beberapa bayi akan menggunakan perut merangkak sebagai satu-satunya metode merangkak sampai mereka belajar berjalan. Bayi lain akan beralih ke merangkak klasik sebelum mereka mulai berjalan. Saat bayi yang merangkak, maka bayi akan bergantian lengan dan kaki, mendapatkan lengan di satu sisi untuk memukul lantai pada saat yang sama dengan kaki di sisi yang berlawanan. Sebelum merangkak, bayi pertama-tama harus kehilangan refleks seperti memukul-mukul anggota tubuhnya ketika dia terkejut dan belajar bagaimana mengkoordinasikan lengan dan kakinya.

Berikut ini hal yang unik yang dapat Anda ketahui dari kegiatan bayi merangkak, yaitu:

  • Bayi yang bergerak mundur pada awalnya.

Hal ini memang terlihat sangat unik jika dibandingkan dengan bayi yang lainnya, namun seiring berjalannya waktu, ia akan menemukan bahwa dengan mengubah berat badannya dari satu sisi ke sisi lain, ia dapat mengkoordinasikan lengan dan kakinya dan mendorong dirinya ke depan. Pada biasanya bayi akan menghabiskan waktu berminggu-minggu atau bahkan hingga berbulan-bulan sebelum bayi Anda benar-benar merangkak bergoyang-goyang di tangan dan lututnya.

  • Meminjamkan tangan untuk membantu.

Meskipun hal ini jarang dialami oleh bayi, namun hal ini pun sering kali menjadikan bayi Anda terlihat unik saat dirinya harus meminjam tangan orang lain untuk membantunya merangkak.

  • Turun ke lantai dan meletakan mainan diluar jangkauan.

Cara lain untuk membantunya mulai bergerak adalah turun ke lantai bersamanya secara teratur dan meletakkan mainan di luar jangkauannya. Lagi pula, jika semua yang diinginkannya selalu mudah diakses, dia tidak akan memiliki insentif untuk mencoba mendorong, menarik, atau menyeret dirinya ke depan.

Mobilitas baru bayi Anda tidak hanya menarik, tetapi juga mengubah perspektifnya tentang dunia dan tempatnya di dalamnya. Begitu bayi Anda mulai bergerak, maka bayi akan menyadari bahwa ia dapat pergi setelah hal-hal yang bergulir dan bergerak dengan sendirinya. Hal ini pun juga menjadi tanda pertama bahwa ia tidak terlalu membutuhkan Anda. Orang-orang meremehkan kecepatan dan kekuatan bayi. Perlu diingat bahwa kebanyakan kecelakaan terjadi ketika orang tua hanya berjarak enam kaki dari anak mereka.

Sekarang setelah si kecil mulai merangkak, maka Anda memiliki tanggung jawab untuk secara tegas dalam mengawasi buah hati Anda. Namun tetaplah bersikap lembut kepada bayi Anda pada saat mengatakan tidak pada bayi Anda. Keunikan pada bayi merangkak yang ada di atas pun dapat membantu dan dapat menambah wawasan Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *