Tips dan Trik

Kewalahan Mengasuh Bayi Kembar? Terapkan Tips Pintar Ini Agar Anda Mengasuh Terasa Lebih Ringan!

Memiliki seorang anak memang dapat memberikan kebahagiaan yang cukup sempurna untuk para orang tua mereka, apalagi jika memiliki anak kembar, pastinya hal ini kan menggandakan kebahagiaan yang dirasakan. Meski membuat Anda lebih bahagia, namun merawat bayi kembar merupakan suatu tantangan baru yang cukup sulit untuk dikerjakan oleh sang ibu saja, berhubung sang ayah biasanya memang cenderung selalu bekerja untuk mencari nafkah untuk keluarga. Bagi yang baru saja menjadi orang tua, hal ini tentunya sangat susah untuk dijalani karena mereka memang sebelumnya tidak pernah memiliki pengalaman untuk mengurus bayi yang baru lahir, terutama jika bayi tersebut tidak hanya berjumlah satu melainkan dua. Pastinya hal ini akan memberikan kesulitan sendiri untuk sang ibu, namun kesulitan tersebut tidak akan berlanjut jika Anda mengetahui beberapa cara merawat mereka dengan cekatan dan juga dengan benar. Pastikan untuk mengikuti cara berikut:

 Kewalahan Mengasuh Bayi Kembar? Terapkan Tips Pintar Ini Agar Anda Mengasuh Terasa Lebih Ringan!

  • Buat Jadwal

Mengasuh dua anak sekaligus memang tidaklah mudah dan memberikan tantangan sendiri untuk Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat jadwal untuk si kecil agar Anda pun merasa dimudahkan ketika merawat mereka. Buat jadwal kapan si kecil harus menyusu, tidur, mandi, bermain, dan lain sebagainya. Hal ini dijamin tidak akan membuat Anda kewalahan dan juga semakin mudah dalam mengurus mereka dengan baik dan juga benar. Tak kala Anda juga dapat memperoleh waktu santai sejenak dengan adanya jadwal tersebut. 

  • Menyusui dalam Satu Waktu

Salah satu tips yang paling jitu yang bisa Anda lakukan adalah memberikan susu pada bayi kembar Anda dalam satu waktu. Hal ini tentunya sangat tepat karena dapat menghemat waktu yang Anda miliki. Pastikan untuk menemukan posisi menyusui yang paling tepat agar mereka dan juga sang ibu merasa nyaman ketika menjalankan hal tersebut. Selain itu, gunakan bantal untuk menyangga kepala serta tubuh mereka, pastinya hal ini juga akan menambah kenyamanan mereka.

  • Perlengkapan Cadangan

Jika memiliki anak kembar, memiliki satu pasang peralatan saja tidaklah cukup. Anda harus menyediakan beberapa set perlengkapan yang mereka gunakan seperti baju, mainan, popok, dan lain sebagainya di berbagai tempat yang mudah untuk Anda jangkau dan sering gunakan. misalnya saja seperti menyediakannya di mobil, rumah orang tua Anda, setiap tes, kereta bayi, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya lebih membuat Anda berhemat waktu dengan tidak perlu mencarinya dengan susah payah.

  • Bantuan

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara tersebut namun tetap merasa kewalahan ketika harus merawat bayi kembar dalam waktu yang sama, maka tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain. Anda bisa meminta bantuan dari orang tua Anda, mertua, saudara, hingga tetangga jika memang Anda mempercayai mereka. Pastikan jika anak selalu terawat dan terjaga dengan baik agar dapat bertumbuh dengan sempurna.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *