Perawatan Bayi

Khawatir Diserang Stress Saat Merawat Bayi? Cegah dengan 4 Tips Ini!

Bagi orangtua tentu kegiatan merawat bayi menjadi agenda sehari-hari dan meski lelah sekaligus sesekali merasa kesusahan, yang tersisa hanya rasa bahagia. Semua perjuangan selama mengasuh anak akan terasa terbatas sempurna tatkala si kecil tumbuh sehat dan maksimal. Kadang kala selama mengasuh bayi ini kedua orangtua sempat lupa untuk memiliki waktu berdua guna rekreasi dan kencan. Maklum dengan adanya bayi terlebih jika kembar maka waktu untuk mengasuh mereka serasa 24 jam penuh dan sisanya saat ada jeda dipakai istirahat saja.

Tips Menghindari Stress Selama Mengasuh Bayi

Kadang kala mengasuh bayi bisa membuat orangtua stress, tidak hanya si ibu namun juga si ayah yang merasa waktu istirahat dan rekreasinya semakin terbatas. Sampai-sampai ada yang bilang kalau orangtua bisa tidur nyenyak adalah rezeki durian runtuh selama mengasuh bayi. Supaya tidak stress selama mendampingi tumbuh kembang bayi, simak beberapa tips berikut:

  • Istirahat yang cukup dan berkualitas,

Meski jam tidur di waktu malam sering terganggu oleh tangisan bayi yang lapar atau minta ganti popok. Maka cermati kapan bisa mencuri waktu tidur saat siang ataupun sore hari, paling aman tentu tidur bersamaan saat bayi terlelap.

Baca Juga: Hal Dasar Merawat Bayi yang Perlu Diketahui Orangtua Baru

  • Atur jadwal mengurus si kecil,

Anda dan pasangan adalah partner terbaik selama merawat bayi sehingga usahakan untuk memberikan perawatan berdua. Duet ini akan membantu menjadikan bayi dekat dengan kedua orangtuanya. Jika memang merasa lelah bisa meminta bantuan pasangan mengganti tugas Anda, aturlah jadwal pergantian mengasuh bayi di rumah. Sehingga kelelahan yang dirasakan bisa berkurang, toh kerepotan mengasuh bayi tentu menjadi sarana refreshing selama dibuat lebih santai.

  • Lakukan kegiatan olahraga selama mengasuh bayi,

Olahraga menjadi sarana untuk mencegah stress yang tepat sebab ketika dilakukan tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin, yang memicu perasaan ringan dan bahagia secara alami. Nikmati kegiatan olahraga ini selama mengasuh si kecil supaya tidak ada stress yang dirasakan baik Anda maupun pasangan. Olahraga yang bisa dilakukan pun tidak melulu harus ke gym sekian jam dan setiap hari apa saja, namun cukup dengan jalan kaki. Ajak bayi Anda berkeliling sekitar rumah maka sudah termasuk kegiatan olahraga.

  • Bisa meminta bantuan kepada orang lain,

Ketika kerepotan saat merawat si kecil ada baiknya meminta bantuan dan kenali kondisi masing-masing. Kadang orang baru memakai jasa perawat bayi atau baby sitter ketika kedua orangtua sibuk bekerja. Padahal bisa jadi si kecil cenderung rewel dan butuh bantuan saat merawatnya, maka tidak usah ragu memakai jasa pengasuh anak. Kalau cemas si kecil tidak diurus dengan baik maka bisa meminta bantuan merawat bayi Anda kepada orangtua atau mertua sendiri.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *