Tips dan Trik

Kiat Kehamilan Sehat Pada Trimester Pertama

Perubahan hormonal pada ibu hamil, terutama pada trimester pertama, mengakibatkan perubahan fisik dan psikisnya. Alhasil, ibu hamil kerap merasakan ketidaknyamanan, seperti mual, muntah, mudah lelah, dan pusing. Untuk itu, ibu hamil harus memiliki kiat untuk menyesuaikan diri agar tercapai kondisi kehamilan sehat. Beriku ini beberapa di antaranya.

  1. Cukupi kebutuhan istirahat

Peningkatan hormon progesteron yang mempunyai efek depresan pada susunan saraf menyebabkan kantuk secara alami. Akibatnya, ibu hamil mudah mengantuk dan membutuhkan tidur lebih banyak daripada biasanya.

Agar kehamilan sehat, coba Anda telaah rutinitas dan pemakaian waktu Anda sehari-hari. Kurangi aktivitas yang terlalu melelahkan dan sempatkan untuk tidur siang. Jika tubuh sudah memberikan tanda-tanda letih, segeralah beristirahat. Anda juga sebaiknya tidak terlalu memikirkan berbagai pekerjaan rumah tangga yang belum tertangani. Sudah waktunya bagi Anda untuk mengomunikasikan kepada suami bahwa Anda butuh dukungan dan pertolongannya.

Baca Juga : Beberapa Tanda Kehamilan Yang Harus Anda Ketahui

  1. Siapkan perencanaan

Bila Anda merasa tidak sanggup mengerjakan tugas-tugas rumah yang melelahkan, seperti memasak, berbelanja, dan membersihkan rumah, Anda bisa menyiapkan orang yang dapat membantu Anda melakukannya. Untuk memudahkan orang tersebut, siapkanlah perencanaan tugas harian rumah tangga Anda, termasuk daftar menu masakan. Bila Anda merasa risih atau tidak mampu untuk mempekerjakan asisten rumah tangga, Anda bisa meminta bantuan suami dan mendiskusikan solusi bersamanya agar pekerjaan rumah tangga bisa selesai dan kondisi kehamilan sehat.

  1. Cermati makanan yang dikonsumsi

Penting untuk mencermati makanan yang Anda konsumsi pada trimester pertama karena pada masa ini organ-organ pada janin mulai terbentuk. Utamakan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan janin, seperti asam lemak omega-3 dan 6. Namun, Anda masih bisa melahap porsi besar makanan pada akhir pekan untuk menyiapkan energi yang dibutuhkan untuk menghabiskan waktu bersama dengan anggota keluarga Anda.

  1. Mencari dokter kandungan/bidan yang cocok

Bersama suami, diskusikan dan carilah dokter yang sesuai dengan keinginan Anda dan suami. Ini penting demi kehamilan sehat dan kenyamanan Anda dan suami. Anda harus bisa berkonsultasi dengan dokter/bidan dengan nyaman dan tuntas, dan jika merasa kurang cocok dengan dokter/bidan yang selama ini Anda datangi, tidak ada larangan dan tidak ada salahnya untuk berganti dokter kapan saja. Namun, sebaiknya jatuhkan pilihan sejak trimester pertama agar dokter/bidan dapat mengikuti perkembangan kehamilan Anda dengan baik dari awal hingga akhir.

  1. Bersantai

Menyesuaikan diri dengan perubahan fisik yang terjadi pada masa kehamilan memang tidak mudah.  Alhasil, kondisi emosi pun kerap tidak menentu. Untuk itu, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk bersantai agar kehamilan sehat, misalnya dengan mendatangi majelis pengajian, menonton film, atau mendengarkan musik. Ingat, ketegangan dan stres yang dialami oleh ibu hamil dapat memengaruhi tumbuh kembang janin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *