Tips dan Trik

Kiat Menjaga Kesehatan Kulit Bayi dengan Benar dan Mudah

Bayi memiliki kulit yang masih tipis yang berbeda jauh dibandingkan dengan kulit orang dewasa sehingga diperlukan perawatan ekstra sehingga tidak menyebabkan kulitnya menjadi iritasi. Ada banyak cara merawat bayi agar kulit bayi tetap dalam kondisi sehat mulai dari menggunakan petroleum jelly atau dengan menggunakan minyak bayi. Berikut tips untuk merawat kulitnya agar terbebas dari masalah kulit yang bisa Anda lakukan.

Kiat Menjaga Kesehatan Kulit Bayi dengan Benar dan Mudah 

Pertama adalah mandi. Untuk bayi yang baru lahir, mandi hanya perlu dilakukan selama 2-3 kali seminggu. Untuk memandikan bayi maka harus menggunakan air hangat kemudian dengan menggunakan washlap, tuangkan sabun ke washlap dan usapkan secara perlahan ke tubuh. Lakukan cara tersebut untuk memberi shampoo ke bayi. Sedangkan untuk membersihkan wajahnya, gunakan bola kapas basah lalu setelah selesai angkat bayi dan segera bungkus dengan handuk untuk dikeringkan. 

Kedua adalah memberi pelembab. Cara perawatan untuk menjaga kulit bayi agar tetap sehat adalah dengan memberikan pelembab. Bisa menggunakan lotion khusus untuk bayi atau dengan petroleum jelly yang bisa menjaga kulitnya dari kekeringan dan iritasi. Ketiga adalah dengan menghindari bahan atau produk yang bisa menyebabkan anak iritasi. Beberapa jenis produk yang biasanya membuat kulitnya iritasi adalah parfum, deterjen, sabun mandi. 

Ketiga adalah dengan mencuci pakaian dan handuk yang masih baru atau baru saja dibeli. Dengan mencuci pakaian atau handuk tersebut, maka bahan kimia atau kotoran dan debu yang menempel bisa dihilangkan sehingga tidak membuat bayi iritasi. Keempat adalah dengan menghindari menjemur bayi langsung di bawah sinar matahari terutama jika bayi Anda masih berusia kurang dari 6 bulan. Hal tersebut disebabkan karena paparan sinar matahari langsung justru bisa menyebabkan kulitnya yang masih sensitif mengalami masalah kulit seperti iritasi. Jika sudah berusia lebih dari 6 bulan, Anda biasa membawa bayi keluar rumah namun tetap berikan pelindung seperti pakaian yang menutup ke seluruh tubuh atau dengan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF yang aman untuk digunakan bayi.

Keempat adalah menggunakan ASI. Cara untuk merawat kulit bayi ini khusus untuk di bagian yang mengalami ruam popok. Ruam ini terjadi di bagian sekitar bagian tubuh yang ditutupi oleh popok misalnya bagian pantat dan paha bagian dalam. Biasanya ruam ini terjadi karena popok yang terlalu ketat atau salah dalam pemasangan popok. Penggunaan ASI untuk pengobatan ruam popok yang terjadi pada kulitnya bisa dilakukan dengan cara memberikan beberapa tetes ASI ke kulit yang mengalami ruam popok. Kemudian Usapkan dengan lembut dan biarkan sebentar hingga ASI tersebut kering. Jika sudah kering, Anda bisa memakaikan popok kembali.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *