Tips dan Trik

Kiat Menyimpan Susu Formula Bubuk yang Tepat

Susu menjadi kebutuhan tersendiri untuk anak sebab bisa membantu untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Namun, tidak semua susu tepat untuk dikonsumsi karena masing-masing anak memiliki kebutuhan yang berbeda salah satunya adalah apakah anak tersebut mengalami alergi atau tidak. Terdapat beberapa jenis susu formula yang bisa dipilih dan disesuaikan untuk anak.

Sufor yang bisa Anda pilih diantaranya adalah:

  • Sufor dari susu sapi yang menggunakan bahan dasar susu sapi dengan kandungan lemak, karbohidrat, protein yang seimbang. Biasanya dalam susu ini terdapat kandungan protein yang sudah berubah sehingga mudah untuk dicerna.
  • Sufor dari susu kedelai yang bisa diberikan untuk bayi yang mengalami intoleransi laktosamisalnya karena infeksi pencernaan, alergi susu sapi, galaktosemia ataupun karena kekurangan laktase bawaan.
  • Sufor bebas laktosa yang tidak mengandung laktosa dan diganti dengan jenis gula lain misalnya sirup jagung.
  • Sufor hipalergenik yang mengandung protein yang dipecah ke bentuk yang lebih kecil sehingga dapat dicerna lebih mudah oleh bayi dan biasanya dikonsumsi oleh bayi yang mengalami alergi protein susu sapi.

Agar sufor atau susu formula bisa dikonsumsi dan nutrisi serta kandungan yang lainnya bisa diserap dengan baik oleh tubuh, maka Anda perlu menyimpan sufor ini dengan baik di tempat yang tepat. Pertama adalah sebaiknya kemas susu bubuk tersebut ke dalam wadah yang kedap udara yang bersih dan tidak bau sehingga bisa mengurangi resiko susu bubuk yang menggumpal karena susu tersebut disimpan di dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selain itu, cara tersebut juga membuat agar susu bubuk tersebut tidak mengubah rasa dan bau susu.

Baca Juga: Susu Bayi dan Tips Pemilihan yang Perlu Diperhatikan

Kedua adalah wadah yang dipergunakan sebaiknya bukan wadah yang tembus cahaya. Hal tersebut disebabkan agar vitamin dan mineral yang penting yang terkandung dalam susu bubuk tersebut tidak rusak. Jikapun terpaksanya Anda menggunakan wadah yang tembus cahaya, maka sebaiknya lapisi dengan kertas sehingga cahaya tidak bisa masuk. Ketiga adalah pastikan jika Anda menyimpan susu tersebut dengan benar setelah mengambilnya sehingga udara luar tidak masuk ke dalam wadah susu.

Keempat adalah simpan di tempat yang jauh dari benda yang mampu memancarkan atau sebagai sumber panas misalnya jauh dari kompor, pipa air panas, oven dan yang lainnya. Hindari untuk menyimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Kelima, hindari juga untuk tidak menyimpan susu formula di lemari es atau di tempat lain yang lembab karena tempat tersebut bisa menyebabkan susu menjadi menggumpal dan bisa menyebabkan susu lebih terkonsentrasi. Penempatan yang benar adalah di tempat yang sejuk dengan suhu penyimpanan sekitar 13-24oC untuk menjaga agar susu tetap dalam kondisi yang baik untuk dikonsumsi.

Jadi, tempatkan susu bubuk di tempat yang benar agar kandungan nutrisi susu tetap terjaga.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *