Tips dan Trik

Kontipasi Pada Bayi Atau Bayi Susah BAB

Betapa bahagianya ketika anda mendapatkan si kecil yang lucu dan imut. Bayi memang menjadi impian bagi setiap pasangan. Termasuk anda bukan?. Ketika si kecil ini sehat dan aktif bergerak dengan segala lucunya, itulah adalah kebahagiaan yang susah dilukiskan dengan kata – kata. Tapi ketika sesuatu terjadi pada si kecil, maka rasanya sedih sekali. Bayi memang rentan sekali. Salah satu hal yang sering terjadi adalah bayi sulit bab. Kontipasi pada bayi atau bayi susah bab memang bisa membuat anda panik karena melihat kondisi sikecil anda.

Kontipasi Pada Bayi Atau Bayi Susah BAB

Bayi susah bab disebabkan karena feses atua tinja menjadi keras, lebih keras dari biasanya, sehingga bayi kesulitan untuk bab. Celakanya lagi itu bisa berhari – hari lamanya. 3 hari bayi anda tidak bab, itu sudah bisa divonis kontipasi atau bayi susah bab. Kontipasi sendiri sebenarnya istilah umum untuk kondisi sulit bab.

Selain dari intensitas bab- nya, anda bisa mengenali bayi susah bab dari gejala lainnya. Ini penting agar anda bisa segera melakukan tindakan yang tepat. Apa keuntungannya? Penanganan cepat sehingga tidak menunggu kondisi lebih parah lagi. Apa saja gejalanya? Ini dia gejalanya :

  • Perut bayi i menjadi kembung

Ini wajar karena akibat bayi susah bab, feses atau tinja yang harusnya rutin dikeluarkan, tertahan di dalam perut. Maka, perut si kecil menjadi kembung.

  • Perut bayi menjadi keras

Feses atau tinja yang keras yang tertahan diperut menjadi penyebabnya.

  • Bayi rewel, gelisah dan sering menangis

Ini di akibatkkan karena kesakitan karena susah bab.

  • Bayi mengalami muntah

Memang kadang – kadang bayi memuntahkan makanannya. Tapi bila kelihatan bukan dimuntahkan sengaja, anda perlu waspada. Bisa jadi itu akibat bayi susah bab.

  • Bercak darah pada popok atau celana

Bila kondisi ini sudah masuk kategori parah, biasanya sampai keluar bercak darah. Ini terjadi akibat robeknya dinding rectum akibat feses yang keras.

Baca Juga:Berbagai Tanda Bayi Susah BAB yang Harus Anda Ketahui

Nah, bila anda melihat kondisi tersebut pada si kecil, anda perlu wapada dan segera bertindak. Untuk lebih safety nya ada baiknya anda segera membawa si kecil ked r terdekat untuk mendapat tindakan secepatnya. Dan supaya tidak terulang lagi, anda harus mengetahui penyebabnya. Tahukah anda setidaknya ada 4 hal yang menyebabkan bayi susah bab, yaitu :

  • Susu formula

Tidak semua  susu formula cocok bagi si kecil.

  • Makanan padat

Peralihan dari makanan cair ke padat biasanya menyebabkan perut si kecil kaget.

  • Dehidrasi

Kurangnya kandungan air dalam tubuh si kecil menyebakan fese jadi keras.

  • Kondisi medis tertentu

Hipotiroid, alergi terhadap suatu makanan dan gangguan pencernaan menjadi penyebabnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *