Tips dan Trik

Lakukan Dulu 4 Pertimbangan Ini Agar Tak Salah Pilih Bidan

Selama masa kehamilan dijamin Anda akan rutin kontrol ke bidan desa karena di setiap desa terdapat minimal satu orang tenaga medis satu ini. Tugas utamanya adalah untuk membantu persalinan warga sekitar namun bisa pula membantu masalah medis lain yang memang dikuasainya. Profesi kesehatan satu ini seringnya dipegang oleh kaum wanita meskipun ada beberapa dijalankan oleh kaum Adam. Jadi jangan kaget kalau di suatu desa atau perkampungan Anda menjumpai profesi ini ditempati oleh pria karena memang tenaga medis sifatnya unisex.

Pertimbangan Memilih Partner Persalinan

Profesi kesehatan ini memiliki pandangan jika persalinan adalah proses alami, sedangkan ketika dirujuk ke dokter maka persalinan cenderung abnormal. Berhubung tenaga medis satu ini sudah mulai banyak maka sebagai pasien Anda leluasa memilih yang mana. Tentukan pilihan dengan pertimbangan berikut:

  • Memiliki keterampilan yang diakui,

Ketika memilih tenaga medis satu ini untuk memberikan dampingan selama masa kehamilan dan membantu persalinan nanti. Maka penting mencari yang keterampilannya sudah diakui dan memiliki izin resmi untuk membuka praktek. Sehingga mereka paham bagaimana menangani persalinan dalam kondisi tertentu sekalipun.

  • Memberikan motivasi yang membangun,

Tidak semua pemegang profesi bidan cukup kooperatif dengan keinginan pasien yang menghendaki dukungan emosional. Beberapa dengan sengaja dan tanpa sadar sudah menyampaikan informasi yang menakutkan sehingga membuat ibu hamil stress dan mempengaruhi kesehatan janin. Baiknya mencari tenaga medis yang selalu memberikan motivasi positif, karena dukungan mental yang diberikan meningkatkan kemungkinan melewati persalinan normal. Anda bisa segera sehat dan bisa memberikan ASI semaksimal mungkin pasca persalinan berlangsung.

Baca Juga:Ciri dari Profesi Bidan yang Professional

  • Mencari yang angka rujukannya sedikit,

Tenaga medis desa yang memang cocok untuk dipilih mendampingi kehamilan dan persalinan adalah yang cerdas menangani pasien. Ditunjukkan dengan angka rujukan yang terbilang sedikit karena pihak mereka mampu menangani pasien dengan baik. Sebab yang namanya persalinan setiap wanita menghadapi situasi yang khas, penanganannya pun tidak bisa di sama-ratakan. Pemahaman ini membuat tenaga medis tersebut sigap berpikir cepat mencari solusi agar persalinan lancar, bayi sehat ibu pun demikian. Sehingga rujukan ke dokter kandungan sedikit dan menunjukan keterampilannya yang tinggi.

  • Menyampaikan informasi secara jelas dan lengkap,

Dalam memilih tenaga medis untuk mendampingi kehamilan dan persalinan penting untuk mencari yang komunikatif. Pasalnya banyak tenaga medis desa yang cenderung pelit informasi, kalau ditanya baru dijawab kalau tidak diam seribu bahasa. Padahal bisa jadi pasien tidak memiliki banyak pemahaman dan kelu untuk bertanya duluan ditakutkan salah bicara. Nah, kalau Anda di posisi ini tentu sulit mendapatkan informasi tepat misal mengenai kegiatan yang boleh dilakukan dan makanan yang boleh disantap selama hamil. Asalkan memilih bidan yang tepat masa kehamilan dan persalinan akan lebih menyenangkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *