Tips dan Trik

Langkah-langkah Melakukan Pijat Bayi Mandiri di Rumah

Saat sudah menikah, buah hati merupakan hal yag paling di dambakan pasangan baru. Namun, ketika sudah mendapatkannya, bukan berarti Anda bisa dengan mudah memberikan perawatan. Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam kebutuhan bayi, mulai dari kebutuhan susu, makanan, hingga pakaian. Namun, hal yang sering dilupakan oleh para orang tua adalah kebutuhan relaksasinya. Banyak yang mengira jika bayi tidak membutuhkan pijatan. Padahal, pijat bayi memiliki pengaruh yang besar bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Bahkan, tanpa kita sadari, dengan memberikan pijatan, kita bisa membuat kedekatan emosional. Kedekatan emosional pun menjadi semakin dekat. Bahkan banyak ahli yang menganjurkan jika orang tua sendirilah yang melakukan pijat sendiri terhadap bayinya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memijat buah hati.

Langkah-langkah Melakukan Pijat Bayi Mandiri di Rumah

Dimulai dari Kaki

Pijatlah mulai dari kaki bayi. Perlu diketahui terlebih dahulu jika memijat bayi berbeda dengan memijat anak-anak atau orang yang sudah dewasa. Anda bisa menggunakan feeling untuk menentukan seberapa besar tekanan yang akan Anda lakukan untuk memijat. Namun, pada dasarnya hanya perlu mengelus permukaan kulit bayi karena bayi yang baru lahir memiliki kulit dan otot-otot yang sangat sensitif.

Usaplah dengan lembut bagian paha hingga mata kaki bayi Anda. Lalu ulangi langkah tersebut pada bagian kaki yang lain. Kemudian angkatlah telapak kaki bayi Anda dan lakukan gerakan yang serupa dari tumit hingga ujung jari. Buatlah gerakan melingkar pada tumit dengan ibu jari Anda, gunakan gerakan perlahan lalu ganti pada kaki yang satunya.

Tangan

Pijat bayi bagian lengan dari ketiak hingga pergelangan tangannya secara perlahan. Setelah itu pijat telapak tangan bayi Anda dengan gerakan seperti menjabat tangan tetapi dilakukan dengan lebih lembut. Putar pergelangan tangannya searah jarum jam, lalu arah berlawanan. Lakukan juga gerakan melingkar dengan ibu jari pada telapak kanan dan kiri. Setelah itu ganti tangan satunya.

Dada

Sebelum melakukan pemijatan, pastikan terlebih dahulu tangan Anda memiliki suhu yang pas. Baringkan Bayi Anda dan kemudian usap dengan gerakan melingkar keluar. Selingi dengan meletakkan telapak tangan di atas dadanya. Ulangi selama beberapa kali.

Punggung

Buatlah bayi Anda dalam posisi tengkurap. Anda bisa menyandarkan kepalan bayi anda dengan selimut tebal atau bantal yang tidak terlalu tinggi. Pastikan bahwa tangan bayi Anda berada di sisi kepalanya, bukan di sisi tubuhnya. Posisikan diri Anda di samping bayi, bukan depan atau belakangnya. Buatlah gerakan dengan ujung jari Anda, telusuri punggungnya dari titik di bawah lehernya sampai ke pinggang belakang. Kemudian buatlah gerakan dari atas hingga ujung bawah punggung bayi Anda dengan lembut dan secara perlahan-lahan. Semoga berbagai tips pijat bayi di atas dapat membantu Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *