Tips dan Trik

Langkah Menggendong Bayi yang Harus Anda Ketahui

Mendapatkan predikat orang tua baru adalah salah satu hal yang menyenangkan setelah pernikahan. Lantas apakah menjadi orang tua baru itu mudah? Memulai hal-hal baru pastinya akan membuat Anda banyak belajar hal baru juga seperti setelah dikaruniai seorang bayi. Mulai dari hal-hal hang urgen hingga hal-hal sepele harus Anda kuasai ketika mengurus buah hati. Tidak terkecuali, Anda harus belajar dan memahami bagaimana cara menggendong bayi dengan baik. Meskipun terlihat sepele ternyata dalam hal ini Anda perlu sangat berhati-hati.

Langkah Menggendong Bayi yang Harus Anda Ketahui

Bayi Baru Lahir Masih Begitu Lemah

Bayi yang baru lahir memiliki tubuh yang masih begitu lemah dan rentan. Ia memiliki karakteristik otot leher yang lemah begitu pula untuk kemampuan motoriknya. Hal inilah yang membuat Anda harus berhati-hati saat menggendongnya. Bayi yang baru lahir harus digendong dengan cara selalu menopang kepala dan lehernya. Menggendong bayi ternyata juga bisa membantu mendekatkan orang tua dan anak.

Terapkan Cara Menggendong Sesuai Usianya

Menggendong bayi ternyata tidak asal saja. Perlu Anda ketahui, menggendong si kecil juga harus disesuaikan dengan usia yang dimilikinya. Apabila salah cara yang Anda terapkan bisa menyebabkan munculnya berbagai risiko membahayakan bagi si kecil. Berikut cara menggendong sesuai usia bayi:

  • 0-3 bulan. Pada usia ini tulang bayi masih begitu lemah, sehingga Anda dianjurkan menggendong dengan menggunakan lengan. 1 siku untuk menopang leher dan kepala serta lengan lainnya untuk menopang badan.
  • Usia 4 bulan. Usia ini, posisi menggendong sama seperti di atas namun sesekali Anda bisa mendudukkan si kecil di pangkuan dan menyandarkan kepala si kecil ke dada Anda dan menghadap ke arah depan.
  • Usia 5 bulan. Pada usia ini, si kecil sudah bisa menopang kepala sendiri. Ia yang sudah cukup kuat bisa Anda gendong di bagian pinggang dengan melingkarkan kakinya ke pinggang Anda. Kemudian bagian bawah bisa Anda topang cukup dengan 1 lengan saja. Jangan lupa untuk menopang punggung bayi agar tetap seimbang saat Anda gendong.
  • Usia 6 bulan. Usia bayi ini sudah menuju kepada sempurnanya kemampuan menopang kepala. Sehingga, menggendong bayi pada usia 6 bulan sedikit lebih leluasa dimana Anda bisa menggendongnya di punggung.

Tips Menggendong Bayi agar Aman

Secara psikologis, menggendong bayi akan membuat Anda dan si kecil menjadi lebih dekat. Fase-fase di atas bisa Anda terapkan serta sebagai langkah waspada agar bayi selalu aman saat digendong. Anda tidak perlu tegang atau takut saat menggendongnya, karena hal ini akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Anda bisa menggendong dengan tenang sembari melihat lekat-lekat gerak gerik buah hati Anda. Tips cara menggendong si kecil dengan baik ialah jangan terlalu erat mendekap si kecil, agar ia tetap nyaman dan tidak merasa sesak. Selain itu, hindari menimang bayi atau menggoyang-goyangkan gendongan dengan keras, hal tersebut bisa menyebabkan gangguan pada otaknya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *