Seputar Bayi

Lucunya Tingkah Bayi Baru Lahir yang Membuat Gemas

Setelah ibu melewati proses kehamilan selama sembilan bulan, akhirnya ibu bertemu dengan buah hatinya. Dalam merawat bayi baru lahir ini bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa melihat bayi masih sangat lembut. Selain itu, ada tingkah dan ekspresi tertentu yang begitu lucu serta menggemaskan. Walaupun memang belum bisa berjalan atau berbicara, jangan kaget jika ternyata ia bisa melakukan banyak hal.

Lucunya Tingkah Bayi Baru Lahir yang Membuat Gemas

Bagaimana interaksi bayi baru lahir dengan sang ibu?

Bayi baru lahir umumnya memiliki waktu yang banyak dihabiskan untuk tidur. Dalam sehari bahkan ia bisa tidur hingga 18 jam. Sisa waktunya biasanya dimanfaatkan untuk sekedar bolak balik dan melakukan kontak mata dengan sang ibu. Menariknya, ada manfaat khusus yang diperoleh hanya dengan melakukan interaksi sederhana ini. Di samping pendengaran, penglihatan adalah panca indera yang mampu menerima rangsangan pertama kali, tepat ketika bayi baru lahir ke dunia.

Saat sedang menyusui, Anda bisa memerhatikan sang bayi yang sedang menatap Anda. Jangan anggap remeh kontak mata yang terjadi. Karena kondisi ini bisa saja menjadi awal hubungan batin antara ibu dan anak. Bahkan kontak mata ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kondisi bayi yang sedang sedih, senang, dan sebaliknya bayi juga bisa merasakan kondisi psikis sang ibu. Bayi yang baru lahir pun juga menghabiskan banyak waktu untuk makan. Dalam sehari bayi bisa meminta untuk menyusu hingga 8 kali atau lebih.

Perilaku dan gerak-gerik khas bayi baru lahir

Bayi biasanya akan melakukan reaksi menggenggam tangan atau mencoba mengarahkan kepalanya ke arah suara di sekitarnya. Meskipun penglihatan bayi baru lahir masih terbatas, ia sudah mampu mendeteksi bayangan, cahaya, bentuk, kontur, dan gerakan. Ia juga menikmati melihat wajah-wajah baru di sekitarnya.

Anda bisa mencoba menstimulasi reaksi bayi melalui gerakan-gerakan wajah, seperti anggukan, gelengan, senyum, dan berbicara ke arah bayi. Jika bayi merasa tertarik, ia akan memandang gerakan-gerakan tersebut. Jika pun ia terlihat tidak tertarik, ini bisa menjadi tanda bahwa ia sedang lelah dan ingin beristirahat. Kondisi-kondisi ini dapat Anda pelajari secara perlahan untuk memahami keinginan bayi. Anda hanya perlu untuk merespon dengan ekspresi-ekspresi tertentu sebagai bentuk komunikasi.

Misalnya ketika bayi Anda menangis, tingkah ini merupakan cara untuk memberitahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah dan bahwa ia tidak nyaman atau merasa stress. Menghibur bayi ketika dia menangis akan bermanfaat bagi bayi Anda. Mencoba menghibur bayi adalah bagian penting dari interaksi ibu dengan bayi. Secara bertahap, sang bayi pun juga belajar untuk menghibur Anda sesuai dengan apa yang telah ia pelajari melalui tingkah laku ibu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *