Perlengkapan Anak

Macam-macam Handuk Bayi yang Perlu Anda Miliki untuk Si Kecil  

Perlengkapan bayi memang lebih beragam daripada perlengkapan manusia dewasa. Hal ini dikarenakan bayi masih memiliki tubuh yang rentan sehingga perlakukan padanya memang lebih dikhususkan. Salah satu perlengkapan bayi yang memiliki beberapa varian adalah handuk bayi. Handuk pada umumnya digunakan untuk mengeringkan badan ketika selesai mandi, namun pada bayi, handuk memiliki banyak kegunaan lainnya sehingga bentuknya pun banyak sesuai dengan kegunaan tersebut.

 

Bagi Anda yang akan memiliki bayi, sebaiknya menyiapkan beberapa varian handuk untuk si kecil sehingga sudah siap ketika sewaktu-waktu diperlukan. Adapun beberapa varian handuk yang penting antara lain:

 

  • Handuk mandi.

Handuk mandi untuk bayi merupakan handuk tebal dengan ukuran yang lebih kecil dari pada handuk orang dewasa. Pilihlah bahan yang lembut karena kulit bayi yang masih sensitif dan mudah teriritasi. Cara mengeringkan bayi adalah dengan menepuk-nepuk kulitnya yang basah hingga kering.

Baca juga: Tips Mencuci Handuk Bayi Agar Tetap Steril

  • Handuk makan.

Digunakan untuk mengelap mulut bayi ketika makan. Biasanya berbentuk handuk dengan tali yang bisa dilingkarkan di leher si kecil. Selain untuk mengelap mulut bayi fungsinya juga untuk melindungi pakaian bayi dari makanan yang dijatuhkan si kecil sehingga pakaian tidak kotor.

 

  • Handuk tangan.

Handuk tangan fungsinya mirip dengan sapu tangan pada orang dewasa. Gunanya untuk mengelap apa saja yang menyebabkan tubuh bayi kotor. Handuk tangan ini sebaiknya dibawa kemana saja si bayi bepergian sehingga sewaktu-waktu diperlukan selalu siap digunakan. Sebaiknya memiliki lebih dari satu handuk tangan sehingga bisa digunakan bergantian.

 

Beberapa jenis handuk bayi di atas sebaiknya dimiliki seusai dengan porsinya. Untuk jumlah yang disarankan adalah sebagai berikut:

 

  • Handuk mandi sebaiknya minimal memiliki 2 buah.
  • Handuk makan sebaiknya memiliki minimal 3 buah.
  • Handuk tangan sebaiknya memiliki minimal 3 buah.

 

Selain jenis handuk tersebut, Anda juga bisa menambah koleksi sesuai dengan keperluan si kecil misalnya handuk popok dan sebagainya. Bawalah selalu handuk dalam keadaan bersih dan cucilah setelah digunakan sehingga sewaktu-waktu diperlukan sudah ada stok yang bersih untuk dipakai.

 

Untuk membeli handuk bayi agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau, sebaiknya Anda membeli di toko grosir perlengkapan bayi yang pastinya ada di kota Anda. Belilah secara grosir atau setidaknya beli bersamaan dengan keperluan bayi lainnya seperti pakaian, selimut, perlak dan sebagainya. Jangan lupa untuk meneliti bahan handuk sebelum membeli karena handuk langsung berhubungan dengan kulit telanjang bayi sehingga Anda harus memilih yang benar-benar halus dan nyaman untuk si kecil. Sesuaikan ukuran handuk dengan badan di kecil khususnya untuk handuk mandi agar si kecil bisa hangat. Jika perlu Anda juga bisa membelikannya handuk mandi yang berbentuk jas atau mantel kecil lengkap dengan topi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *