Tips dan Trik

Macam-macam Obat Herbal Bayi untuk Masalah Kesehatan yang Sering Dialami

Bayi dan anak-anak terutama yang masih berada di bawah usia 3 tahun memang sangat rentan terpapar infeksi atau terkena penyakit. Hal ini dikarenakan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena kekebalan tubuh yang belum sempurna, berikut perkembangan sistem pencernaan si kecil. Pada usia-usia tersebut, ada baiknya untuk menghindari pemberian obat-obatan kimia karena dapat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal mereka. Sebaliknya, gunakan bahan-bahan yang alami dan mudah didapatkan untuk dijadikan obat herbal bayi yang dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan yang sering dialami:

  • Obat untuk demam dan perut kembung.

Bayi seringkali mengalami demam atau yang biasa disebut dengan sawan pada saat-saat tertentu dan bisa mendadak. Jangan biarkan si kecil mengalami demam dalam waktu yang lama karena dapat menyebabkan step (kejang-kejang). Segera ke dapur dan parut beberapa butir bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kayu putih atau minyak telon, air jeruk nipis serta sejumput garam. Balurkan dengan perlahan mulai dari kepala, dada, perut, kaki hingga telapak kaki bayi. Selain dapat menurunkan demam, bawang merah juga dapat meredakan perut kembung pada bayi atau masuk angin.

 

  • Obat herbal bayi untuk diare.

Ada banyak penyebab terjadinya diare pada bayi, salah satunya adalah karena intoleransi laktosa atau sebagai bentuk adaptasi sistem pencernaan terhadap makanan pendamping ASI. Namun seringnya, bayi mengalami diare karena infeksi bakteri Salmonella. Anda bisa memanfaatkan ½ ruas kunyit dengan 3 lembar daun jambu klutuk/jambu biji yang dihaluskan, campur dengan segelas air, setelah disaring segera minumkan pada bayi menggunakan sendok sedikit demi sedikit.

Baca Juga: Obat Herbal Bayi untuk Mengobati Pilek dan Batuk

  • Obat batuk dan pengencer dahak.

Masalah kesehatan lainnya yang sering dialami bayi adalah batuk dan pilek sehingga jika si kecil mengalami batuk pilek, jangan terburu-buru dibawa ke dokter, gunakan ramuan herbal yang terbuat dari 1 ruas kunyit ukuran 2-3 cm yang diparut, diperas atau diambil airnya dan dicampur dengan ½ sdt madu murni. Pemberian madu ini perlu diperhatikan karena ada beberapa bayi yang mengalami alergi terhadap madu.

  • Penambah nafsu makan.

Tak hanya balita saja yang mengalaminya, penurunan nafsu makan juga dapat terjadi pada bayi di bawah usia 1 tahun. Menurunnya nafsu makan si kecil dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting yang dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Tenang saja, ada ramuan obat herbal bayi yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah makan si kecil. Caranya adalah kupas 150 gram temulawak dan 50 gram kunyit, iris tipis lalu rendam dalam 500 cc madu bunga kapas dalam toples yang tertutup selama kurang lebih 2 minggu. Aturan minumnya sangat mudah, larutkan 1 sdm ramuan madu tersebut dengan ½ cangkir kecil air hangat pada pagi dan sore hari.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *