Tips dan Trik

Macam-macam Obat Herbal Bayi untuk Persediaan

Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna, karenanya terkadang bayi rawan sekali terkena penyakit seperti penyakit infeksi atau virus. Dilema sering dialami para orang tua bayi yang harus memeriksakan bayi mereka ke dokter. Hal ini dikarenakan mereka harus memasukkan obat-obatan kimia yang justru harus dihindari oleh bayi namun karena suatu keadaan tertentu dibutuhkan. Namun sebetulnya ada hal yang bisa dilakukan yaitu menggunakan obat herbal bayi yang bisa digunakan untuk pencegahan maupun pengobatan. Obat herbal inilah yang seharusnya selalu tersedia di kotak obat maupun di tempat herbal keluarga agar bisa digunakan sewaktu-waktu. 

Banyak jenis obat herbal yang biasa digunakan manusia dewasa juga bisa digunakan oleh sang bayi. Namun mungkin dosis atau jumlahnya perlu disesuaikan dengan cara dikurangi agar sesuai dengan bobot atau kondisi bayi saat itu. Berikut ini adalah beberapa obat herbal yang bisa Anda sediakan untuk keperluan sang bayi agar tidak selalu mengandalkan obat-obat kimia.

  • Rempah-rempah penghangat seperti jahe, cengkeh dan jeruk nipis.

Macam rempah-rempah tersebut sangat baik untuk obat herbal bayi terutama untuk obat batuk dan pilek. Anda bisa membuatkan minuman yang mengandung sedikit bahan tersebut untuk kemudian diminumkan pada bayi atau balita Anda. Namun perhatikan juga banyak bahan yang digunakan agar bayi atau balita mau meminumnya terutama jahe.

  • Bawang merah, bawang putih.

Tumbuklah bawang merah dan bawang putih untuk dioleskan pada perut bayi yang sedang kembung atau diare. Panas dari bawang akan membantu mengeluarkan angin dari perut bayi Anda. Dengan begitu sistem pencernaan bayi akan kembali normal. Bawang putih juga bisa digunakan sebagai antibiotik alami dengan cara dimasukkan ke mulut bayi agar ikut dimakan.

Sebenarnya untuk cara yang paling tepat dalam mengobati penyakit pada bayi terutama batuk dan pilek yang lebih sering adalah dengan memandikan bayi menggunakan air hangat. Air hangat akan membantu mengatur suhu tubuh dan mengeluarkan angin yang kerap menjadi penyebab sakitnya bayi. Pencegahan penyakit juga bisa dilakukan dengan selalu mencuci tangan sebelum memegang bayi karena seringkali virus dibawa oleh orang dewasa yang banyak berinteraksi dengan bayi.

Itulah beberapa obat herbal bayi yang bisa Anda sediakan untuk membantu bayi mendapatkan perawatan dengan cepat dan alami. Menggunakan obat herbal berarti Anda tidak selalu tergantung pada obat kimia yang justru bisa membawa efek samping yang juga dapat berbahaya bagi bayi. Efek samping obat kimia bisa mengakibatkan bayi sembelit atau diare yang juga berarti penyakit baru yang harus disembuhkan. Namun ada baiknya Anda tetap melibatkan ahli kesehatan pada pilihan obat yang Anda gunakan agar Anda memiliki second opinion terhadap yang terjadi pada bayi Anda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *