Tips dan Trik

Mainan Bayi Dapat Mengembangkan Motorik Halus dan Kasar Pada Buah Hati Anda

Menyediakan mainan bayi yang tepat tentu menjadi tugas penting semua orangtua, maka saat belanja mainan jangan secara asal. Mainan ini selain harus sesuai dengan usia si kecil yang masih bayi pastikan juga aman dan mudah dimainkan. Jangan sampai orangtua bingung memainkan mainan tersebut padahal di usia bayi tentu belum memungkinkan si kecil memainkannya sendiri. Kecuali jika si kecil sudah hampir menginjak umur 1 tahun, maka mereka sudah bisa dilepas bersama mainannya sendiri dan sesekali diperhatikan orangtua.

Manfaat Bermain Bagi Bayi

Orangtua tentu perlu rutin mengajak bayinya bermain meski masih terbatas dalam bergerak, melihat, maupun mendengar. Permainan membawa efek baik bagi perkembangan bayi Anda maka jangan sungkan untuk terus bermain bersama mereka. Adapun manfaat baik tersebut antara lain:

  • Mengembangkan motorik halus dan kasar,

Bermain apapun akan membuat bayi lebih mudah mengkoordinasikan sistem gerak di dalam tubuhnya. Sebab lewat bermain ini kemampuan motorik halus maupun kasar akan sangat terlatih, sehingga si kecil sudah bisa menggerakkan bola mata, tangan, maupun kakinya. Perlahan semuanya bisa digerakkan secara bersamaan sehingga baik untuk sistem gerak tubuh mereka.

  • Perkembangan mental anak akan membaik,

Memperkenalkan mainan bayi sejak dini dan kebetulan sesuai dengan usia mereka kemudian orangtua aktif ikut bermain. Akan membantu mengasah keterampilan mereka, baik dalam bergerak, berbicara, dan melakukan lebih banyak hal. Ketika kemampuan tubuhnya meningkat secara otomatis akan membantu mereka lebih percaya diri. Mental untuk bersosialisasi akan terbentuk dengan baik sehingga tidak ada istilah anak rendah diri dengan kemampuan mereka yang ada di bawah anak seusianya. Tentunya Anda akan menyediakan lebih banyak mainan setelah ini.

Baca Juga: Berikut Adalah 4 Jenis Permainan Bayi yang Bisa Menjadi Stimulan Bagi Buah Hati

  • Menjadikan fisik si kecil lebih terlatih,

Sering bermain ternyata membuat si kecil lebih mudah bergerak dan terbiasa melakukannya sehingga baik untuk pertumbuhan fisiknya. Lewat bermain ini maka secara langsung tubuh si kecil akan terlatih untuk bergerak mengikuti irama mainan yang dimainkan. Entah mainan tradisional, ataupun mainan yang lebih modern dan berfisik bukan di gadget. Sehingga perlahan tubuh atau fisik si kecil lebih terlatih mampu tumbuh sehat sekaligus kuat. Apalagi dengan bermain dan banyak bergerak sama artinya berolahraga.

  • Memperkenalkan ragam kosakata,

Mengajak si kecil memainkan sebuah mainan akan membuat Anda lebih banyak bicara, seolah memang membuat mainan tersebut yang bicara. Sehingga si kecil mengenal lebih banyak kosakata dan mengetahui kondisi yang disampaikan, apakah tengah seru, sakit karena mainan tersebut terjatuh, dan lain sebagainya. Seiring bertambahnya usia anak maka akan mulai bermain sendiri dan bicara sendiri dengan mainannya tersebut. Dianjurkan untuk penyediaan mainan bayi memang tidak dilepas begitu saja, dampingi sehingga kemampuan bicara mereka ikut terasah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *