Perlengkapan Bayi

Mainan Bayi Empat Bulan Tepat dengan Trik Berikut Ini!

Menjadi orang tua memang bukan hal mudah untuk menjalaninya. Berbagai hal harus direncanakan dengan maksimal demi bisa menjadikan anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika si kecil sudah berusia empat bulan, maka Anda tentu makin serius memikirkan terkait banyak hal. Salah satu hal penting yang akan bisa tunjang kecerdasan dari bayi empat bulan adalah mainannya. Mainan kadang dianggap orang tua adalah benda yang sepele karena hanya sebatas hiburan untuk anak, namun pada dasarnya mainan juga bisa jadi benda penting yang mampu menunjang kecerdasan si kecil.

 

mainan bayi empat bulan
mainan bayi empat bulan

Saat bayi di usia empat bulan, perkembangannya dalam hal fisik, emosi, sosial, bahasa, belajar dan berpikir kian maju. Di umur ini, berat badannya pun akan bertambah sampai dua kali lipat dari berat badan lahirnya. Beberapa perkembangan yang bisa terlihat adalah dengan si kecil mulai suka bermain bersama orang lain, suka meniru gerakan dan ekspresi, mengoceh, meraih mainan hingga mampu tanggapi rasa sayang dari orang sekitarnya.

Berikut ini beberapa mainan untuk bayi dengan usia empat bulan yang bisa jadi pilihan tepat untuk Anda:

  • Boneka lembut bisa jadi pilihan dimana boneka lembut akan bisa menjadikan anak lebih rajin dalam menggerakkan tangannya. Namun waspadai boneka tidak boleh ada kancing, bel dan aksesoris lainnya.
  • Mainan dengan bentuk donat atau benda lain yang terbuat silikon padat juga bisa jadi mainannya. Mainan bayi empat bulan yang satu ini bisa jadi rangsang pertumbuhan gigi si kecil.
  • Anda juga bisa mengasah kemampuan kosakata dan bahasa dengan membacakan buku sampai mengajarinya bernyanyi.
  • Peralatan mp3 juga bisa jadi mainannya, namun Anda yang harus mengoperasikan sehingga si anak bisa kenal dengan musik.

Mainan untuk si kecil pun tak bisa dipilih dengan sembarangan. Untuk pemilihan mainan, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

 

  • Pilih mainan sesuai usia anak karena beda mainan, maka beda pula cara memainkannya dimana tak semua bayi sudah memahami.
  • Usahakan memilih mainan dengan kualitas yang bagus. Beberapa aksesoris di mainan bisa saja berbahaya untuknya sehingga ada baiknya diwaspadai.
  • Jangan sampai mainan tersebut ukurannya kecil dan pas di mulut karena mampu meresikokan si kecil untuk memakan dan tersedak.

Itulah beberapa hal yang wajib Anda tahu dalam pemilihan mainan bayi empat bulan. Sebetulnya bukan untuk bayi usia empat bulan saja tips pemilihan mainan tersebut, namun untuk semua usia bayi. Selanjutnya tinggal Anda saja yang menentukan pemilihannya. Ketika si kecil masih di usia empat bulan, maka ada baiknya para orang tua mendampingi anak ketika dirinya bermain sehingga lebih aman.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *