Tips dan Trik

Makanan Bayi 9 Bulan Ini Harus Ada dalam Daftar Menu Si Kecil

Melihat tumbuh kembang si kecil yang aktif dan sehat tentu membuat Anda sebagai orang tua merasa bahagia. Makanan untuk si kecil ada baiknya untuk bisa terus diperhatikan sehingga bisa memenuhi nutrisinya. Ketika anak sudah mulai memasuki usia 9 bulan, umumnya anak sudah tertarik untuk bisa makan menggunakan tangannya sendiri sehingga sudah mulai bisa memegang menggunakan jari. Makanan bayi pada usia 9 bulan juga lebih variatif dibanding usia sebelumnya.

Memang si kecil sudah mulai bisa makan berbagai macam makanan, namun bukan berarti semua makanan bisa disantapnya. Tetap ada aturan yang boleh dan tidak boleh untuk diberikan padanya. Ketika bayi sudah masuk usia 9 bulan, maka mereka sudah cukup mampu untuk makan makanan yang bertekstur lebih kasar. Makanan dengan tekstur yang halus sudah bisa untuk mulai diberhentikan. Kini, si kecil sudah cukup mampu untuk bisa mengenal aroma, tekstur hingga warna. Makanan yang disantapnya juga perlu dimasak sampai lunak dan dipotong kecil sehingga anak tidak akan tersedak ketika memakannya.

Beberapa makanan bayi yang diperbolehkan untuk si kecil di usianya 9 bulan diantaranya adalah

  • Sayuran rebus yang sudah dipotong kecil dan dimasak sampai lunak misalnya ubi, kacang polong, wortel dan kentang. Anda juga bisa memberikan kembang kol atau brokoli yang sudah direbus sampai lunak. Selain sebagai menu utama, Anda juga bisa menjadikannya menu camilan.
  • Buah-buahan seperti pisang, melon, pir hingga semangka tanpa biji juga akan baik untuknya. Namun buahnya jangan sampai terlalu keras dan bisa dihaluskan sedikit serta dipotong kecil.
  • Kuning telur akan bisa bagus untuk tumbuh kembangnya. Namun jangan berikan yang setengah matang, tapi harus yang sudah benar matang.
  • Daging ayam dan daging sapi juga boleh diberikan, asalkan pastikan untuk dicincang dulu sehingga halus dan dimasak sampai benar lunak sehingga bayi tidak tersedak atau makanannya nyangkut.
  • Keju dan tahu yang sudah dipotong hingga kecil juga boleh diberikan untuk bayi.

Itulah beberapa makanan bayi yang boleh diberikan kepada si kecil di usianya yang sudah memasuki umur 9 bulan. Makanannya untuk si kecil memang sudah cukup bervariasi namun tetap saja ada beberapa makanan yang perlu dihindari, misalnya kacang utuh, telur setengah matang hingga makanan rendah lemak dan rendah kalori. Memberikan menu ikan juga diperbolehkan, namun ada beberapa ikan yang beresiko banyak kandungan merkurinya seperti ikan marlin, ikan hiu hingga ikan tidak dimana jika banyak merkuri akan mampu mempengaruhi pada sistem syaraf anak sehingga perlu dihindari. Madu memang baik untuk manusia, namun untuk bayi usia 9 bulan jangan diberikan madu terlebih dulu karena bakterinya dapat merusak usus.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *