Tips dan Trik

Makanan Bayi Ini Ternyata Tak Boleh Diberikan untuk Anak Berusia di Bawah 6 Bulan

Kebutuhan akan asupan nutrisi atau makan memang dimulai sejak manusia itu lahir, tak terkecuali juga bayi, hanya saja jenis makanan bayi dan juga orang dewasa berbeda, baik itu dari wujud maupun jumlahnya, bayi umumnya hanya bisa mengkonsumsi Asi atau susu formula saja, sejalan dengan pertambahan usia mereka, barulah nantinya bisa mengkonsumsi berbagai bentuk makanan padat. Sehingga pastikan bahwa Anda memberikan yang terbaik bagi mereka untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal.

Banyak diantara orang tua muda atau pemula yang masih ragu dalam memberikan produk makanan untuk buah hati mereka. Berpikir apakah semua jenis maka bisa masuk kedalam perutnya yang kecil lalu apakah semuanya juga bisa dicerna dengan baik. Faktanya ketika buah hati masih di bawah usia 6 bulan memang ada batasan beberapa produk makanan bayi yang oleh dan juga tak boleh dikonsumsi, sehingga tak boleh sembarangan di dalam memberikannya.

Beberapa bahan makanan justru menyebabkan efek berbahaya jika diberikan kepada mereka. Efek tersebut bisa dalam jangka waktu lama jika dikonsumsi secara terus-menerus, berikut ini beberapa diantara produk makanan yang tak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia 6 bulan, diantaranya adalah:

 Cari tau juga tentang makanan sehat untuk buah hati anda hanya di www.gayahidupterkini.com

  1. Madu, bahan yang satu ini memang kaya akan berbagai manfaat untuk manusia, karena dihasilkan oleh tawon dari zat nectar yang kaya akan nutrisi, namun kandungan gula yang ada di dalamnya juga sangat tinggi, tak hanya itu ia juga mengandung senyawa yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri di usus. Sehingga bisa memicu masalah botulisme pada buah hati, jangan berikan pada anak di bawah usia 1 tahun.
  2. Kacang-kacangan, mulai dari kacang hijau, kacang tanah, kedelai dan yang lainnya, faktanya meskipun kaya akan kandungan vitamin E, namun juga harus diketahui bahwa beberapa kandungan yang ada dalam kacang-kacangan tersebut belum bisa dicerna secara sempurna oleh buah hati, sehingga bisa memicu masalah semacam diare.
  3. Telur, telur ini baik dalam kondisi mentah maupun matang tak dianjurkan diberikan kepada si kecil yang masih berusia di bawah 6 bulan, karena mengandung beberapa bakteri berbahaya yang bisa memicu masalah kesehatan pada buah hati.
  4. Produk olahan susu, seperti diantaranya adalah yogurt dan juga keju, produk makanan yang rendah lemak dan dapat memicu timbulnya bakteri pada usus buah hati, sehingga bisa memicu masalah pencernaan. Jadi pastikan tidak memberikannya sampai jangka waktu yang tepat.

Selain itu beberapa jenis makanan lain seperti ikan hiu, kemudian ikan mentah juga tak boleh diberikan kepada si kecil. Pastikan hanya memberikan makanan bayi yang selayaknya dan aman untuk mereka, karena tubuh masih belum bisa mencerna semua nutrisi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *