Tips dan Trik

Makanan Bayi Yang Harus Dihindari

Makanan untuk bayi tidak bisa sembarangan, karena makanan yang di makan mempengaruhi perkembangan fisik dan kecerdasan otaknya. Selain Asi, makanan Mpasi juga harus diberikan saat sudah memasuki usia 6 bulan. Tidak hanya orang dewasa, bayi-pun jika salah diberi makan bisa menyebabkan tubuhnya tidak sehat dan mudah sakit.  Berikut ini daftar makanan untuk bayi yang sebaiknya dihindari.

Jus Atau Sari Buah

Jus atau sari buah memiliki rasa yang segar dan nikmat. Bahan jus berasal dari buah-buahan yang dolah menjadi sari buah. Biasanya serat yang terkandung dalam buah akan hilang, selain itu jus buah banyak mengandung gula dibandingan dengan kandungan buah sebelum di jus.

Gula yang terlalu tinggi pada jus dapat mempercepat proses pencernaan, akibatnya tubuh tidak memiliki waktu menyerap nutrisi yang terkandung pada jus. Hal ini bisa menyebabkan bayi terkena diare. Oleh karena itu sebaiknya hindari memberikan bayi jus atau sari buah, pastikan terus berikan ASI atau susu formula sampai usia si kecil 1 tahun atau lebih.

Makanan Olahan

Yang termasuk makanan olahan adalah jenis makanan yang proses pembuatannya panjang atau membutuhkan beberapa tahapan. Perlu Anda ketahui jika semakin banyak proses pembuatan makanan bisa menyebabkan kandungan gizi yang terdapat pada makanan berkurang dan kadar lemak, garam dan gula naik. Seperti kita ketahui, makanan yang mengandung lemak, gula dan garam sangat berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa jenis makanan olahan yang harus dihindari oleh bayi adalah: mie instan, sosis, nugget. Bahaya makanan olahan yang instan (beli di supermarket, warung dsb) adalah umumnya mengandung zat adiktif, seperti: pengawet, pewarna dan zat lainnya yang bisa membahayakan kesehatan.

Soda

Hampir semua orang tua mengetahui jika minuman soda harus dihindari oleh bayi. Namun kenyataannya masih banyak orang tua yang membiarkan bayi-nya mengkonsumsi minuman ini. Jenis makanan dan minuman yang mengandung soda dapat merusak pertumbuhan gigi karena menggunakan gula yang kadarnya sangat tinggi.

Makanan Manis

Sama halnya dengan soda, makanan bayi yang manis juga harus dihindari. Karena makanan yang manis mengandung rasa buatan, pewarna buatan yang tidak memberikan gizi dan nutrisi pada bayi. Makanan manis jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan obesitas dan penyakit lainnya yang berbahaya.

Semua Jenis Kacang

Semua jenis kacang-kacangan termasuk kacang tanah sebaiknya tidak diberikan untuk balita karena sering kali membuat anak tersedak.Anda boleh memberi si kecil kacang setelah usianya memasuki 6 bulan, cengan catatan selama tidak mengalami energi. Namun, ingat sebaiknya kacang digiling atau dihancurkan terlebih dulu sampai halus.

Selain makanan-makanan tersebut, hindari juga makanan bayi yang mengandung rendah lemak, lemak jenuh, makanan yang tidak matang dsb. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *