Tips dan Trik

Makanan Ibu Hamil Menjelang Melahirkan

Menanti saat-saat kelahiran si janin yang berada dalam kandungan merupakan saat-saat yang mendebarkan sekaligus membahagiakan bagi seorang ibu. Usia kehamilan yang memasuki trimester terakhir membuat berat badan si ibu semakin naik dan semakin mengurangi aktifitas yang berat-berat karena semakin sulit bergerak. Hal tersebut mesti diimbangi dengan asupan gizi yang cukup. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan ibu hamil yang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi si ibu dan terutama bagi si janin di dalam kandungan. Berikut ini akan diulas beberapa makanan untuk ibu dengan usia kehamilan tua atau trimester terakhir.

Salah satu cara ibu hamil dalam menjaga kualitas makanan adalah dengan memastikan bahwa minyak yang dipakai untuk menggoreng makanan bersifat higienis. Tidak sedikit para ibu hamil yang tidak hati-hati dalam memakan makanan berminyak. Agar makanan berminyak utamanya gorengan yang dikonsumsi ibu dapat membawa manfaat bagi kesehatan janin, gunakanlah minyak zaitun atau olive oil. Minyak zaitun memiliki khasiat menghaluskan kulit dan menjaga kesehatan janin. Minyak zaitun mengandung vitamin e dan kandungan lemak tak jenuh yang akan mejaga kulit si ibu tetap halus dan elastis.

Selain memilih minyak yang tepat, memakan makanan yang tepat tentu lebih diutamakan bagi ibu hamil. Salah satu makanan ibu hamil yang baik bagi kesehatan adalah makanan dengan bahan baku dasar kacang kedelai, seperti misalnya tahu dan tempe. Kacang kedelai dengan takaran setengah cangkir mengandung 10 gram protein yang sangat baik bagi ibu hamil.

Baca Juga : Tanda-Tanda Perkembangan Janin Terganggu Atau Tidak Berkembang

Makanan dengan bahan dasar gandum juga dianjurkan bagi ibu hamil. Seperti oatmeal atau bubur gandum. Bubur gandum dapat menjadi sumber energi, kandungan mineral dan nutrisi pada bubur gandum akan membuat si ibu merasakan kenyang lebih lama. Kandungan karbohidrat kompleks akan sangat membantu ibu hamil yang menderita kolesterol tinggi sehingga kesehatanya tetap terjaga.

Seorang ibu hamil yang usia kehamilannya memasuki trimester terakhir sebaiknya memperoleh asupan minimal 400 mikrogram asam folat setiap hari. Asupan tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sereal. Di dalam sereal terdapat nutrisi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Di antaranya adalah kandungan asam folat. Bagi ibu yang tidak terlalu suka dengan aroma dan rasa sereal, dapat mengkonsumsi kacang polong.

Aneka kacang-kacangan sangat baik bagi ibu hamil karena mengandung lemak yang merupakan nutrisi dan mineral penting bagi perkembangan otak si janin yang berada dalam kandungan. Kacang-kacangan dianjurkan sebagai makanan pengganti daging, karena kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang sangat cocok menjadi pengganti lemak jenuh yang diperoleh dari daging. Di antara jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi ibu hamil dengan usia kehamilan tua adalah kacang polong dan kacang merah.

Itulah beberapa makanan ibu hamil yang baik untuk perkembangan si janin yang berada di dalam kandungan. Makanan yang sehat harus pula diimbangi dengan pola hidup yang sehat, misalnya dengan membiasakan diri bergerak dan tidak melulu istirahat di tempat tidur.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *