Tips dan Trik

Makanan Ibu Hamil Sesuai Dengan Kebutuhan

Asupan makanan ibu hamil menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh sebab itu ibu hamil harus hati-hati memilih makanan dan mengetahui mana makanan yang baik untuk dikonsumsi dan makanan yang menjadi pantangan.

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Berikut ulasannya:

Manfaat Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil baik mulai usia kandungan masih muda hingga menjelang persalinan. Mengapa demikian karena seringkali ibu hamil mengalami keguguran akibat kurang asupan nutrisi, selain itu saat bayi dilahirkan beresiko memiliki berat badan yang kecil.

Seperti kita ketahui bahwa awal perkembangan dan kecerdasan anak dimulai sejak ia mulai dari kandungan. Salah satunya adalah karena faktor makanan, semakin kebutuhan nutrisi janin terpenuhi maka semakin maksimal perkembangan otak janin.

Selain bermanfaat untuk janin di dalam perut, makanan yang sehat dan bernutrisi juga bermanfaat untuk ibu hamil itu sendiri. Tubuh dan kondisi ibu menjadi lebih sehat, bugar dan terjaga sampai proses persalinan tiba.

Baca Juga : Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Suasana Hati Saat Hamil

Jenis-Jenis Makanan Ibu Hamil yang Disarankankan

Menu makanan ibu hamil yang disarankan adalah jenis makanan yang mengandung protein, Vitamin, asam lemak omega, asam amino, zat besi, AA-DHA dan kandungan nutrisi lainnya yang memberikan manfaat bagi tubuh ibu dan janin.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil:

  • Kacang Tanah

Kacang tanah adalah jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil karena memiliki kandungan protein, asam folat yang baik untuk bumil. Mengkonsumsi jenis makanan ini saat usia kehamilan masih muda dapat mencegah gangguan/cacat otak atau gangguan tulang belakang. Selain rasanya yang enak, kacang tanah bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan dan camilan.

  • Ikan Salmon

Makanan ibu hamil berikutnya yang disarankan adalah ikan salmon. Ikan ini memiliki kandungan gizi yang besar seperti: protein, asam lemak esensial, omega 3, AA dan DHA yang bermanfaat membantu perkembangan otak janin yang dikandung. Untuk ibu hamil sebaiknya konsumsi ikan dalam kondisi yang benar-benar matang, hindari salmon yang masih mentah/ setengah matang karena dikhawatirkan bisa terkna bakteri yang berbahaya.

  • Buah-Buahan dan Sayuran

Sayuran yang disarankan untuk ibu hamil adalah sayuran yang berwarna hijau, seperti: bayam, brokoli dsb. Selain sayuran, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Kandungan vitamin yang terdapat di dalam buah-buahan dapat memberi kekebalan tubuh dan mencegah terkena infeksi. Namun ada beberapa jenis buah-buahan yang menjadi pantangan ibu hamil, seperti: nanas, nangka, delima, durian karena bisa menyebabkan keguguran atau gangguan saat kehamilan.

Selain tiga jenis makanan tersebut masih banyak jenis-jenis makanan lainnya yang disarankan untuk ibu hamil, seperti: telur, sereal, susu, air kelapa muda dan lain sebagainya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *