Tips dan Trik

Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

Bagi seorang perempuan, masa-masa kehamilan merupakan masa yang membahagiakan sekaligus penuh dengan kehati-hatian. Setiap ibu hamil akan lebih berhati-hati dalam melakukan setiap aktifitas agar janin yang dikandungnya selalu sehat dan dapat berkembang dengan baik. Selain mengurangi kegiatan yang berat-berat dan lebih banyak istirahat, ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih makanan, terutama pada trimester pertama kehamilan. Salah memilih makanan tentu akan membahayakan janin yang sedang berada di dalam kandungan. Untuk itu, pengetahuan tentang makanan yang baik untuk ibu hamil harus dimiliki oleh setiap ibu hamil. Berikut ini akan diulas tentang makanan ibu hamil trimester pertama yang sangat baik untuk kesehatan janin.

Jenis makanan yang sangat disarankan untuk ibu hamil dengan usia kandungan tiga bulan pertama yang paling baik adalah sayuran, terutama sayuran hijau. Usia kehamilan yang masih muda seringkali membuat ibu hamil mengalami mual dan muntah, atau gejala yang disebut morning sickness. Memakan banyak sayuran akan membantu mengurangi rasa mual tersebut, sebab kandungan zat besi pada sayuran tidak hanya membantu menghilangkan mual, namun juga dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi hemoglobin yang akan mencegah anemia yang sering menimpa ibu hamil. Selain manfaat tersebut, sayuran hijau mengandung asam folat, yaitu salah satu jenis nutrisi yang sangat bermanfaat bagi janin, yang memiliki peran dalam pertumbuhan sel. Di antara jenis sayuran yang dianjurkan adalah: bayam, brokoli, dan sawi.

Baca Juga : Tanda Kehamilan Usia 4 Minggu

Selain sayuran, makanan ibu hamil yang sangat baik untuk usia kandungan yang masih muda adalah buah-buahan. Beberapa jenis buah sangat cocok dikonsumsi ibu hamil, terutama buah yang masih segar. Buah mengantung berbagai macam jenis nutrisi. Selain itu, kandungan serat dalam tubuh berfungsi mengatasi sembelit yang memang sering menimpa ibu hamil. Kandungan nutrisi pada buah segar juga akan membantu perkembangan janin. Beberapa buah-buahan yang cocok untuk ibu hamil adalah: kurma, pisang, apel, jeruk, dan tomat. Namun tidak semua buah-buahan cocok dikonsumsi ibu hamil. beberapa buah-buahan yang dilarang dan berbahaya untuk ibu hamil adalah durian, delima, dan nanas.

Jenis asupan lain yang disarankan dikonsumsi ibu hamil adalah produk olahan susu. Susu mengandung protein yang sangat baik bagi pertumbuhan sel si janin dalam kandungan. Pertumbuhan janin membutuhkan asupan protein yang cukup. Pilihlah susu sesuai dengan jenjang masa kehamilan, karena umumnya nutrisi dan kandungan gizi di dalam susu kemasan ditakar sesuai dengan kebutuhan masa-masa kehamilan tertentu. Hindari produk olahan susu yang disimpan dalam waktu yang lama, seperti misalnya memakan keju secara berlebihan, karena kandungan gizinya sudah jauh berkurang. Itulah beberapa makanan ibu hamil trimester pertama. Usia kehamilan tiga bulan pertama merupakan masa-masa penting untuk perkembangan janin, sehingga si ibu hamil harus bijak dalam memilih makanan terbaik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *