Tips dan Trik

Makanan Ibu Hamil untuk Penambah Darah

Ibu hamil sering kali merasa pusing, lemas, dan seperti mau pingsan. Apabila hal ini terjadi, bisa jadi ibu hamil mengalami kekurangan darah atau anemia. Ibu hamil memang rentan mengalami anemia atau kadar hemoglobin (Hb) yang rendah, oleh karena itu makanan ibu hamil yang dikonsumsi haruslah makanan yang mampu meningkatkan kadar Hemoglobin (Hb).

Ada banyak jenis makanan yang harus dikonsumsi agar ibu hamil terhindar dari anemia, makanan ini haruslah sehat dan baik untuk ibu hamil. Apa saja makanan sehat tersebut?

  1. Buah-buahan

Ibu hamil harus banyak mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, juga vitamin B kompleks. Buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti, mangga, melon, semangka, pepaya, dan plum. Untuk buah yang memiliki kandungan vitamin B kompleks adalah kurma, delima, pisang, serta alpukat. Sedangkan untuk buah yang bervitamin C ialah jeruk, lemon, anggur. Buah-buahan dengan kandungan vitamin-vitamin ini memiliki manfaat untuk mengatasi anemia serta memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

  1. Sayur-sayuran Hijau

Selain kaya akan serat, sayuran merupakan makanan yang bisa digunakan untuk menambah darah. Sayuran juga memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contoh sayur-sayuran hijau yang bisa dikonsumsi sebagai makanan penambah darah adalah sawi, bayam, brokoli,kacang merah, polong hijau, lobak, kacang panjang, kentang, dan lain lain.  

  1. Daging

Makanan ibu hamil selanjutnya yang berfungsi sebagai penambah jumlah sel darah merah atau hemoglobin ialah daging. Pilih daging yang segar dan tidak mengandung lemak, selain itu bagi ibu hamil, cara mengkonsumsi daging, haruslah benar-benar matang, jangan setengah matang karena berbahaya bagi kandungan.

Baca Juga : Makanan Ibu Hamil Menjelang Melahirkan

  1. Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang mengandung zat besi paling banyak. Dalam satu ons kacang dapat memenuhi 7% zat besi yang dibuthkan oleh tubuh. Oleh karena itu, kacang almond sangatlah cocok dikonsumsi ibu hamil, khususnya pada usia muda.

  1. Roti dan Sereal

Makanan yang mengandung gandum seperti sereal serta roti juga memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga dapat menghindarka tubuh dari risiko anemia.

  1. Tiram

Kerang, tiram, serta makanan laut lainnya adalah sumber makanan yang mengandung zat besi. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengkonsumsi beragam ikan atau hasil laut yang mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam masa kehamilan

  1. Beras Merah

Selama ini beras merah dikenal sebagai makanan penurun kolesterol serta seringkali dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam masa diet. Padahal, selain itu, beras merah juga memiliki manfaat yang baik dalam peningkatan kadar darah merah sehingga tubuh ibu hamil tidak akan mengalami anemia.  

Makanan ibu hamil ini tentunya harus dikonsumsi secara teratur agar kadar hemoglobin ibu hamil dapat terjaga hingga masa melahirkan tiba.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *