Tips dan Trik

Makanan Ibu Hamil yang Mengandung Asam Folat

Selama hamil, seorang ibu tentunya harus memperhatikan asupan makanannya. Ada beragam jenis gizi dan zat yang harus dipenuhi oleh tubuh, salah satunya adalah makanan ibu hamil yang mengandung asam folat.

Asam folat merupakan jenis dari vitamin B yang dapat larut ke dalam air. Ada banyak manfaat dari asam folat ini yaitu untuk melancarkan metabolisme serta mendukung perkembangan sel yang ada dalam tubuh.

Untuk ibu hamil sendiri, asam folat membantu pertumbuhan sel, termasuk juga sel-sel pada janin. Ibu hamil harus menjaga asupan asam folat pada tubuh karena apabila ibu hamil kekurangan asam folat, hal ini berpengaruh pada kandungan juga janin.

Makanan ibu hamil yang mengandung asam folat juga mampu mencegah janin dari kelahiran prematur serta mencegah dari risiko kecacatan hingga 70 %. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengonsumsi beragam makanan dengan kandungan asam folat.

Ada beragam jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil agar kebutuhan asam folat dalam tubuh dapat terpenuhi, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain mengandung asam folat, kacang-kacangan juga memiliki beragam nutrisi penting seperti protein, vitamin D, serta kalsium yang juga penting bagi tubuh. Dalam satu cangkir kacang, terhitung ada 180 mikrogram folat yang mana merupakan setengah dari kebutuhan asam folat yang dibutuhkan ibu hamil per harinya. Semua kacang-kacangan yang memiliki kandungan asam folat, yaitu kacang hijau, kacang merah, juga kacang tanah.

Baca Juga : Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

  1. Buah-buahan

Selama kehamilan, ibu hamil juga harus mengkonsumsi banyak buah-buahan, selain mengandung berbagai macam vitamin, buah-buahan juga mengandung asam folat. Beragam buah-buahan yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan asam folat adalah mangga, pisang, melon, alpukat, dan segala jenis jeruk.

  1. Sayuran

Jenis makanan lain yang juga mengandung asam folat ialah sayuran yang daunnya berwarna hijau gelap, seperti bayam, kangkung, selada, brokoli, sawi, dan kubis. Beragam sayuran ini kayak akan nustrisi, salah satunya adalah asam folat yang sangat bermanfaat untuk kehamilan.

  1. Umbi-Umbian

Jenis sumber makanan selanjutnya yang mengandung asam folat adalah umbi-umbian seperti kentang serta ubi jalar. Asam folat yang dikandung oleh kentang dan ubi jalar ini sangatlah baik untuk para ibu yang sedang hamil juga para wanita yang sedang dalam usia subur.  Umbi-umbian ini juga bisa menjadi makanan pendukung yang menjadi sumber karbohidrat untuk menggantikan nasi atau jagung.

Makanan ibu hamil yang mengandung asam folat tersebut sangatlah penting dan harus dikonsumsi selama masa kehamilan, karena selain bisa memenuhi gizi dan nutrisi dalam tubuh juga bisa membantu pembentukan DNA serta mencegah kecacatan lahir pada bayi.  

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *