Tips dan Trik

Makanan Ibu Hamil Yang Sehat Dan Seimbang

Agar mampu memberikan efek positif bagi kesehatan ibu dan janin, makanan ibu hamil haruslah sehat dan bergizi seimbang. Meskipun kebutuhan gizi ibu hamil tidak jauh berbeda dengan kebutuhan gizi kebanyakan orang, ada beberapa nutrisi yang harus ditingkatkan, seperti protein, asam folat, kalsium, dan vitamin. Dan seiring dengan pertambahan usia dan perkembangan janin yang ada di dalam rahim, asupan makanan sehat ini akan semakin meningkat, terutama pada usia kehamilan 13 – 27 minggu.

  1. Sereal

Pada masa kehamilan, terutama pada trimester pertama, ibu hamil sering kali sulit untuk sarapan karena rasa mual yang mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti sarapan biasa Anda dengan sereal. Makanan ibu hamil ini kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat, vitamin B, dan kalsium, yang sangat diperlukan untuk mendukung kesehatan janin. Selain dapat mengatasi gangguan mual, konsumsi gandum utuh akan memenuhi kebutuhan serat ibu hamil.

  1. Sayuran

Sayuran merupakan makanan ibu hamil yang penting. Di dalam sayuran terdapat berbagai nutrisi yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Nutrisi ini tidak dapat ditemukan dalam bahan makanan yang lainnya.

Ada beberapa jenis sayuran yang sangat baik untuk ibu hamil, di antaranya brokoli, labu siam, kacang panjang, terung ungu, dan jagung. Asam folat yang terkandung di dalam terung ungu adalah nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil karena berguna untuk mengurangi risiko kecacatan pada bayi lahir.

Baca Juga : Agar Janin Sehat, Inilah Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

  1. Buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan yang sangat baik dikonsumsi sebagai makanan ibu hamil adalah jeruk, pisang, dan alpukat. Kandungan vitamin C dalam jeruk dibutuhkan untuk menambah sistem imunitas dan mencegah infeksi, dan kandungan kalium pada pisang dapat menambah energi ibu hamil. Di samping itu, buah pisang juga sangat baik untuk sistem saluran pencernaan.

Lemak yang terkandung dalam alpukat bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin. Selain itu, alpukat juga banyak mengandung asam folat dan vitamin B kompleks yang baik untuk membantu perkembangan tulang belakang pada janin.

  1. Ikan salmon

Dengan kandungan merkuri yang lebih sedikit dibanding ikan lain serta kandungan omega-3 yang tinggi, makanan ibu hamil ini sangat baik untuk ibu hamil dan janinnya.

  1. Susu

Susu mengandung mineral dan kalsium yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin, serta dapat mengurangi risiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis pada ibu hamil. Selain itu, susu juga mengandung vitamin A, D, C, B2 dan B3.

Jika Anda tidak bisa minum susu, misalnya karena suka timbul mual, Anda tidak usah khawatir. Sekarang Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai macam produk susu dengan aneka rasa yang akan membuat ibu merasa nyaman saat meminumnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *