Tips dan Trik

Makanan Ibu Hamil yang Tepat Saat Tremister Pertama

boxbayi.net-makanan ibu hamil

Sudah sewajarnya wanita hamil senantiasa harus mulai menjaga janin didalam perutnya agar saat dilahirkan dalam kondisi sehat.  Salah satu cara menjaga kesehatan janin adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan, dalam artikel ini kita akan membahas jenis makanan ibu hamil saat memasuki usia hamil muda atau saat tremister pertama.

Saat memasuki usia tiga bulan pertama kehamilan, terjadi perubahan hormon yang dapat mempengaruhi stamina dan sensitivitas ibu hamil. Salah satu contohnya biasanya ibu mengalami mual-mual dan pusing. Namun gangguan kehamilan tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak makan karena saat awal keamilan ibu membutuhkan nutrisi yang cukup karena dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Yang dimaksud dengan nutrisi yang cukup adalah menu makanan harus diatur sesuai dengan perkembangan usia kehamilan dan kebutuhan janin. Saat tremister pertama, ibu hamil harus selektif memilih jenis makanan karena awal kehamilan merupakan masa awal pertumbuhan janin dan pembentukan organ-organ tubuh.

Makanan yang Harus di Hindari

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat tremister pertama, yaitu:

  • Makanan junk food atau gorengan.
  • Makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula berlebih.
  • Makanan yang pedas, mengandung lemak tinggi.
  • Makanan yang dimasak setenga matang karena mengandung bakteri salmonella.
  • Makanan yang mengandung zat pengawet, pewarna yang tinggi seperti: makanan instan.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kimia berbahaya, seperti: formalin atau MSG
  • Buah-buahan, seperti: nanas, delima, nangka dan durian.
  • Minuman bersoda, berakohol dan lain-lain.

Baca juga: Makanan untuk Ibu Menyusui yang Paling Bagus

Makanan yang Dianjurkan

Ada beberapa jenis makanan ibu hamil yang sangat dianjurkan saat usia kehamilan1 – 3 bulan, diantaranya adalah: sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, ikan salmon atau ikan lainnya yang mengandung protein, omega 3 dan asam lemak, susu dan jenis makanan lainnya yang mengandung protein dan berkarbohidrat.

Jenis-jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil, salah satu jenis sayuran yang disarankan adalah sayuran yang berwarna hijau, seperti: daun bayam, daun seledri, brokoli dsb.

Saat proses kehamilan mulai dari tremister pertama hingga menjelang persalinan ibu hamil memang memerlukan nutrisi yang bisa didapatkan dari makanan. Sudah seharusnya wanita yang sudah menikah sejak dini mengetahui jenis makanan apa saja yang sehat untuk ibu hamil dan makanan yang harus dihindari

Dengan membekali diri dengan pengetahuan seputar ibu hamil, khususnya jenis makanan ibu hamil dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti keguguran, bayi lahir dalam kondisi yang tidak sehat dan lain sebagainya.

Demikian uraian singkat mengenai jenis-jenis makanan yang harus dihindari dan jenis makanan ibu hamil yang disarankan. Semoga artikel ini dapat dijadikan informasi dan bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *