Tips dan Trik

Makanan Pendamping ASI Agar Bayi Gemuk dan Sehat

Mungkin ada banyak orangtua yang merasa khawatir mengenai berat badan si kecil yang tak kunjung bertambah, terutama bagi para wanita yang baru pertama kali menjadi seorang ibu. Mereka akan cenderung mencari-cari informasi bagaimana cara yang sehat untuk menambah berat badan bayi. Padahal, berat badan bukanlah hal yang perlu terlalu dipikirkan atau dikhawatirkan, yang terpenting adalah memantau perkembangan si kecil secara menyeluruh. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk menambah berat badan si kecil, salah satunya adalah memberi asupan makanan yang bergizi. Berikut ini adalah beberapa contoh asupan makanan pendamping ASI agar bayi gemuk dengan mudah:

  • Alpukat dan minyak zaitun.

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang dapat membantu berat badan si kecil meningkat secara signifikan. Hal ini dikarenakan kandungan alpukat yang kaya akan serat dan lemak yang sehat sehingga dapat membantu menambah berat badan si kecil tanpa perlu takut akan obesitas atau kelebihan berat badan. Anda bisa mencampurkan alpukat yang dihaluskan dengan susu atau madu. Selain alpukat, minyak zaitun atau olive oil juga kaya akan kandungan lemak sehat (lemak tak jenuh) yang dapat membantu menambah cadangan lemak sehat dalam tubuh si kecil.

  • Ubi jalar.

Ubi jalar atau yang sering disebut dengan ketela merupakan jenis umbi-umbian manis yang kaya akan karbohidrat. Kandungan gula di dalamnya memberi rasa manis yang alami sehingga tidak perlu penambahan gula lagi jika ingin memberikannya pada bayi gemuk sebagai salah satu makanan pendamping ASI-nya. Selain itu, ubi jalar juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah dibutuhkan di antaranya adalah kalium, magnesium, vitamin A, vitamin C dan vitamin B6.

  • Kentang.

Haluskan kentang yang sudah dikukus atau direbus sebagai makanan pendamping ASI bagi si kecil. Kentang juga merupakan salah satu umbi-umbian yang diperkaya dengan karbohidrat yang dapat membantu si kecil merasa kenyang lebih lama. Kentang memiliki tekstur yang lembut dan tidak memiliki serat umbi sehingga sangat aman diberikan pada si kecil. Selain dengan menghaluskannya, Anda juga bisa memberikan kentang rebus dalam potongan-potongan berukuran sedang pada si kecil atau mencampurnya dengan sup.

  • Daging ayam.

Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk si kecil sebagai salah satu makanan pendamping ASI agar bayi gemuk dan sehat. Kandungan lemak, protein dan vitamin B12 yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu meningkatkan berat badan si kecil. Namun pemberian daging ayam juga harus tetap diwaspadai karena ada beberapa kasus alergi bayi terhadap daging dan berbagai macam olahannya. Sebaiknya beri si kecil daging ayam setelah usianya mencapai 7 bulan. Selain dagingnya, Anda juga bisa memanfaatkan kaldu ayam untuk kuah sup atau campuran membuat bubur/MP-ASI untuk si kecil.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *