Seputar Ibu Menyusui

Manfaat dan Kelebihan Asi bagi Bayi Anda

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 33 Tahun 2012 yang menyebutkan bahwa mendapatkan asi merupakan hak bagi setiap bayi. Pembuatan peraturan tersebut tentunya bukan tanpa alasan karena asi memang sangat penting bagi bayi. Namun, di samping adanya peraturan tersebut, sebagian ibu justru mengalami kesulitan karena tidak memiliki asi yang banyak. Jika Anda salah satu yang mengalami kesulitan itu, tidak perlu khawatir karena ada berbagai jenis makanan untuk ibu menyusui yang bisa dijadikan sebagai makanan pelancar asi.

Asi atau air susu ibu merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi hingga umurnya memasuki 6 bulan. Setelah 6 bulan, bayi masih dapat diberi asi hingga umurnya maksimal 2 tahun. Pemberian asi pada anak ini memiliki berbagai manfaat. Berikut adalah alasan-alasan mengapa bayi harus diberi asi.

Manfaat Asi Bayi Bayi

Mengandung Zat Penting bagi Bayi

Asi merupakan sumber nutrisi bayi yang memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan bayi, seperti DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasilus, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin, dan lisozim. Kandungan yang dimiliki asi tersebut tidak sebanding dengan kandungan yang terdapat dalam susu formula.

Sarana Mendekatkan Ibu dan Bayi

Selain sebagai sumber makanan, memberikan asi secara langsung juga berfungsi sebagai sarana untuk mendekatkan antara ibu dan anak karena akan bersentuhan secara langsung.

Memberikan Kekebalan yang Optimal

Selain untuk mencukupi nutrisi pada bayi, kandungan yang terdapat dalam asi juga dapat membuat bayi berkembang dengan optimal. Selain itu, asi juga dapat membuat bayi memiliki sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik.

Tidak Basi, Selalu Segar, dan Lebih Higienis

Tidak seperti susu formula, asi tidak akan basi dan selalu segar karena asi langsung dihasilkan oleh payudara sang ibu tanpa tercampur bahan-bahan kimia. Bagi Anda yang sedang menyusui, konsumsilah selalu makanan yang bergizi seimbang dan tepat agar asi memiliki kualitas yang baik. Asi juga memiliki kualitas yang tinggi karena tersimpan dengan baik dalam payudara sang ibu sehingga dapat dipastikan bahwa kondisinya akan tetap steril.

Pelindung yang Baik

Pemberian asi pada bayi juga bermanfaat untuk menghindari bayi dari berbagai penyakit, seperti gangguan pencernaan, diare, infeksi telinga, dan lain-lain.

Pelindung dari Berbagai Alergi Makanan

Pemberian asi juga dapat memberikan rangsangan kepada bayi agar kebal terhadap berbagai bahan makanan sehingga bayi tak mudah alergi dengan makanan.

Membuat Anak Lebih Cerdas

Asi mengandung asam lemak tak jenuh atau Decosahexanoic Acid (DHA) dan Arachidonic Acid (Aa). Kandungan itu diperlukan tubuh untuk membentuk sel-sel otak yang optimal sehingga dapat membuat anak menjadi cerdas.

Mencegah Obesitas

Bayi yang mendapatkan asupan asi secara eksklusif memiliki kemungkinan kecil mengalami kelebihan berat badan saat remaja ataupun dewasa. Hal ini dapat disebabkan oleh alasan-alasan sebagai berikut.

  1. Bayi yang menyusu dapat mengatur sendiri asupan susu yang dibutuhkan sehingga akan menghisapnya sampai rasa laparnya terpenuhi. Hal inilah yang membuatnya terbiasa memiliki pola makan yang lebih baik di masa depan.
  2. Asi juga dapat merangsang insulin yang lebih rendah daripada susu formula. Insulin ini dapat mendorong terjadinya pembentukan lemak sehingga semakin banyak produksi hormon insulin, semakin besar pula kemungkinan terjadinya obesitas. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika bayi yang diberi susu formula akan lebih cepat mengalami obesitas.

Itulah beberapa alasan atau manfaat yang dapat diberikan dari pemberian asi kepada bayi. Sudah tidak diragukan lagi bahwa asi memang sangat perlu diberikan kepada buah hati kita karena dapat memberikan berbagai manfaat yang efeknya dapat berlangsung hingga jangka panjang.

Sumber Gambar

botolasikaca.com

sehatcenter.com

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *