Perlengkapan Bayi

Manfaat Mainan Bayi Bagi Tumbuh Kembangnya

Kemampuan anak-anak akan mengalami perkembangan di periode emas pada usia di bawah 5 tahun. Masa emas ini merupakan proses anak yang akan mengalami perkembangan otak hingga mencapai 80%. Masa perkembangan ini terjadi dalam satu kali selama seumur hidup anak. Ketika terjadi masa-masa ini, pembinaan yang lebih tepat akan begitu disarankan untuk memperoleh perkembangan entah secara mental, emosional, sosial hingga moral. Dengan cara ini anak akan mempunyai sikap serta perilaku di kemudian hari. Salah satu media yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan rangsangan ialah mainan bayi. Ada berbagai manfaat mainan bayi yang akan didapatkan jika pemberiannya dengan porsi yang tepat.

Media ini memang dapat dipergunakan untuk merangsang perkembangan anak. Bermain tentu saja bukan sebuah hal yang baru untuk buah hati Anda. Bermain merupakan naluri yang sangat melekat di diri anak semenjak ia bayi. Ketika bayi Anda telah memainkan jari kaki dan jari tangan hingga memainkan berbagai benda di sekitarnya, ini berarti ia sudah dapat diajak bermain. Ada berbagai macam kegiatan yang dapat Anda lakukan sehingga anak akan mengalami tumbuh kembang secara optimal. Bahkan permainan ini akan dapat membantu anak mengalami perkembangan kognitif. Anak harus mengalami keseimbangan dalam memilih mainan yang lebih tepat.

Manfaat mainan bayi akan dapat dirasakan jika mainan yang Anda berikan pada anak bukan hanya sebuah hiburan yang menyenangkan melainkan hiburan yang memiliki fungsi edukasi pula. Namun, peran orang tua di sini sangat diperlukan karena hanya orang tualah yang dapat mengarahkan sehingga nantinya permainan bisa dilakukan dengan sangat optimal. Permainan ini dapat menjadi pelepas lelah dan bosan untuk anak, terlebih jika anak mengalami ngambek maka permainan ini akan menjadi alternatif yang dapat menghibur mereka.

Umumnya, anak belum dapat menentukan mainan yang baik, anak hanya sekedar tertarik dengan mainan yang berwarna cerah dan mengeluarkan bunyi. Di sini peran orang tua yang harus dapat memilih mainan bagi perkembangan buah hati mereka. Mainan memang tidak hanya sebagai hiburan, ia juga mempunyai fungsi sebagai edukasi sehingga anak akan memperoleh manfaat dan perkembangan mereka pun akan menjadi optimal.

Selain itu, ada pula mainan edukatif. Sebuah stimulasi memang begitu diperlukan agar dapat membuat koneksi yang terhubung serta dapat membuka wawasan sang anak. Di dalam mendukung stimulasi, ia dapat mengenalkan anak dengan mainan yang bersifat edukatif. Mainan edukatif ini akan dapat merangsang daya pikir serta kemampuan yang dimiliki anak Anda, sehingga anak akan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah serta konsentrasi. Anda bisa memilih mainan yang bisa memberi pendidikan serta pembelajaran pada buah hati Anda, semisal mainan yang memiliki sifat edukatif. Pemilihan mainan edukatif ini juga harus di sesuaikan dengan bentuk kerumitan dan usia buah hati Anda.

Baca Juga : Tips menyimpan asi dengan baik dan benar

Dengan bermain anak akan lebih peka pada kegiatan yang bersifat spontan. Manfaat mainan bayi ini ada berbagai macam, seperti:

  • Anak akan mampu memahami diri sendiri serta menentukan pilihan, apa saja yang ingin mereka mainkan, bahkan mereka akan lebih cepat memilih dengan siapa mereka akan bermain,
  • Di aspek tubuh anak akan mempunyai fisik yang lebih terlatih, dikarenakan gerakan tubuh anak akan menjadi kuat,
  • Dapat mengembangkan kepercayaan diri mereka dengan mengembangkan sosial, keterampilan intelektual,
  • Bisa meningkatkan daya kreatifitas serta membebaskan anak dari stress rutinitas yang membosankan setiap hari.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *