Perawatan Bayi

Manfaat Melakukan Pijat Bayi untuk Si Kecil

Salah satu bentuk pengobatan tradisional yang paling banyak digunakan ketika bayi sakit adalah dengan memijatnya, banyak orang tua yang lebih percaya dengan metode ini dibandingkan dengan pengobatan menggunakan obat-obat oral. Apalagi sebagian besar diantara buah hati memang belum bisa mengkonsumsinya. Pijat bayi sendiri pada dasarnya adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengatasi beberapa masalah, seperti diantaranya adalah kesalahan urat atau sejenisnya, sehingga buah hati nantinya bisa tetap bergerak secara nyaman.

Bahkan ada rumah pijat khusus yang digunakan untuk pasien anak-anak, tentunya dilakukan oleh orang-orang yang sudah profesional di bidangnya. Sebenarnya tak membutuhkan hal ini jika pada dasarnya Anda bisa melakukan pemijatan tersebut sendiri di rumah, lakukan secara teratur seperti ketika bayi selesai dimandikan, ataupun di malam hari sebelum mereka tidur nantinya, menggunakan sebuah minyak khusus yang fungsinya sebagai pelembab dan juga membantu dalam mempermudah proses pemijatan.

Sebenarnya metode tradisional pijat bayi ini memiliki jauh lebih banyak manfaat dibandingkan hanya sekedar sebagai sarana untuk memulihkan saja, diantaranya adalah:

  1. Membantu menenangkan atau merilekskan otot-otot yang tegang, memasuki tahap mengkurap dan juga belajar untuk duduk, biasanya si kecil akan lebih banyak tingkah atau menjadi sangat aktif, hal ini bisa memicu tubuhnya menjadi semakin tegang. Salah satu cara untuk membuat otot-ototnya menjadi rileks kembali adalah dengan pijat.
  2. Memperlancar pencernaan, bagian yang nantinya akan dipijat memang jauh lebih bervariasi, tak hanya di tangan atau kaki saja, melainkan juga bagian perut, dengan tujuan utama adalah untuk melancarkan pencernaan dan juga membantu untuk mengatasi sembelit dan pembuangan gas mereka jadi lebih lancar.
  3. Menambah berat badan harian, mengapa bisa demikian? Faktanya ketika badan mereka terasa lebih nyaman dan juga ringan maka dampaknya juga terhadap nafsu makan yang kian meningkat, sehingga berat badan buah hati nantinya juga akan jadi semakin meningkat dari waktu ke waktu.
  4. Membuat tidurnya jadi lebih nyenyak, faktanya adalah ketika bayi dipijat secara teratur nantinya akan membuat tidurnya jadi semakin nyenyak, karena tubuh yang terasa ringan dan nyaman.
  5. Membantu dalam melancarkan pernapasan, bagian yang agaknya juga menjadi penting untuk dipijat adalah dada, dengan tujuan adalah untuk membantu dalam melancarkan pernapasan, sirkulasi udara yang masuk jadi lebih baik.
  6. Membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.
  7. Dapat membuat tekstur kulitnya jadi lebih baik, tentunya ditunjang dengan penggunaan baby oil yang tepat.

Pijat bayi ini dapat dilakukan sendiri oleh bunda, dengan tujuan juga untuk mempererat tali hubungan dengan si kecil. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, tubuh mereka kian sehat dan lincah.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *