Seputar Ibu Menyusui

Manfaat Pemberian ASI Bayi Hingga Usia 2 Tahun

Bayi baru lahir belum bisa mencerna dengan baik semua jenis makanan terkecuali susu. Susu yang diberikan bukanlah sembarang susu melainkan susu yang terbaik diciptakan yaitu air susu ibu atau ASI. ASI secara otomatis akan terbentuk dari tubuh ibu sejak ibu mengandung. Memberikan ASI bayi sebagai makanan utama dan satu-satunya hingga bayi berusia 6 bulan merupakan cara yang paling tepat untuk memberinya makanan sumber nutrisi dan tenaga. Meski hanya air namun ASI memiliki banyak kandungan penting yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya.

Manfaat Pemberian ASI Bayi Hingga Usia 2 Tahun

Pemberian ASI sebagai makanan utama dan satu-satunya adalah hal wajib hingga bayi berusia 6 bulan. Sebelum usia tersebut bayi tak diperbolehkan mengkonsumsi makanan lain karena sistem pencernaannya yang belum sempurna. Memberikan makanan semi padat akan membuat bayi memiliki resiko alergi pada jenis makanan tertentu kelak ketika ia dewasa. Karenanya ketika hanya ASI yang diberikan, bayi harus menerima ASI saat ia menginginkannya. Sang ibu harus memiliki cadangan ASI di rumah ketika ia bepergian atau bekerja untuk tetap memenuhi permintaan bayi ketika merasa haus dan lapar.

Setelah usia 6 bulan, bayi sudah memiliki pencernaan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Saat inilah merupakan waktu yang tepat untuk memperkenalkannya pada makanan selain ASI dengan tekstur yang halus. Bubur bayi menjadi pilihan untuk mengenalkan makanan semi padat pada bayi. Banyak rasa yang bisa diperkenalkan dari rasa sayur, buah beras merah dan sebagainya. Meski bayi sudah bisa makan makanan bayi dengan jumlah yang cukup, namun pemberian asi bayi harus tetap dilakukan hingga ia berusia 2 tahun.

Pemerintah telah mencanangkan gerakan asi eksklusif 6 bulan dan 2 tahun untuk bayi agar mendapatkan kekebalan tubuh yang baik ketika dewasa. ASI sebagai makanan terbaik untuk bayi memiliki banyak nutrisi dan mineral yang diperlukan bayi dan balita untuk membentuk sistem kekebalan tubuhnya. Colostrum yang merupakan cairan ASI pertama tak boleh dilewatkan oleh bayi karena disanalah letak sumber kekebalan tubuh yang dibutuhkan dan paling lengkap serta baik. Selain untuk membentuk zat kekebalan tubuh, kandungan pada ASI juga akan memberikan bayi pertumbuhan organ yang ideal dengan berat badan yang juga ideal.

Banyak sekali manfaat asi bayi jika Anda sebagai orang tua memberikan ASI hingga bayi berusia 2 tahun. Meski banyak susu formula yang diciptakan namun tak ada yang bisa menggantikan peran ASI untuk bayi dalam hal manfaatnya. Berikan ASI meski produksi ASI Anda minim dan kombinasikan dengan susu formula sesuai dengan usia bayi atau balita Anda. tambahkan dengan makanan dan minuman sehat jika bayi sudah menginjak usia 6 bulan untuk memenuhi kebutuhan kalori dalam melakukan berbagai aktifitas tumbuh kembangnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *