Perawatan Bayi

Manfaat Perawatan Metode Kanguru untuk Bayi Prematur  

Bayi prematur adalah istilah untuk bayi yang lahir sebelum waktunya terutama dibawah 7 bulan. Bayi yang lahir prematur ini sendiri membutuhkan banyak perawatan dan juga penanganan yang serius baik dari orangtua maupun tim medis. Karena mempunyai kondisi yang lemah, bayi yang lahir prematur ini mempunyai resiko yang lebih besar mengalami kematian dibandingkan bayi yang lahir normal. Oleh karena itulah sebagai orangtua Anda harus berusaha untuk dapat melakukan perawatan yang terbaik untuk bayi yang lahir dengan kondisi prematur. Salah satu metode perawatan adalah kanguru yang disimpan dalam kantung perut ibu. Beberapa manfaat PMK atau perawatan metode kanguru ini adalah:

  • Menjaga bayi agar tetap hangat

Manfaat yang pertama dari metode kanguru untuk merawat bayi yang lahir prematur ini adalah dengan menjaga temperaturnya agar tetap hangat. Metode perawatan kanguru yang diletakkan di kantong ibu seperti yang dilakukan ibu kanguru ini agar dapat memberikan kenyamanan pada bayi yang baru lahir. Selain itu juga dapat untuk memberikan kehangatan yang dibutuhkan bayi seperti ketika diletakkan di dalam inkubator. Suhu badan ibu dapat untuk menghangatkan bayi yang lahir prematur terutama apabila berada di ruang yang dingin dengan menggunakan AC. Sebaiknya mengatur AC di ruangan tersebut berkisar 26 hingga 27 derajat saja agar bayi tidak kedinginan.

  • Mudah untuk memberikan ASI

Sama halnya dengan bayi yang lahir dengan normal pada umumnya, sebaiknya untuk bayi prematur ini juga segera diberikan ASI oleh ibunya. Dengan memberikan ASI dapat memberikan banyak manfaat kepada bayi terutama untuk kecerdasan, kekebalan tubuhnya, dan juga hubungannya dengan orangtua kedepan. Dengan memberikan ASI anak akan lebih sehat dan mempunyai kekebalan tubuh yang tinggi. Oleh karena itulah setiap bayi yang baru lahir disarankan untuk mendapatkan ASI pertama. Hal tersebut juga berlaku untuk bayi yang lahir prematur. PMK ini juga akan memudahkan ibu untuk memberikan ASI karena bayi berada dalam dekapannya.

  • Meningkatkan berat badan bayi yang lahir prematur

Manfaat lain dari PMK ini adalah dapat untuk meningkatkan berat badan dari bayi yang lahir prematur tersebut. Apabila di dekap oleh ibunya, bayi akan lebih merasa nyaman dan mudah untuk jatuh tertidur. Hal tersebut akan membuat energinya tetap normal dan dapat untuk menjaga berat badan bayi agar normal.

  • Menjaga hubungan orangtua dan anak

Ada banyak hal yang terjadi setelah wanita mengalami proses hamil dan melahirkan. Seperti stres dan juga bisa untuk mengalami baby blues, PMK ini dapat untuk meningkatkan hubungan dari ibu terutama dengan bayi prematur yang dilahirkan. Sehingga bisa untuk menurunkan resiko stres dan juga bisa untuk meningkatkan rasa percaya diri dari ibu untuk dapat mengasah anaknya dengan baik.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *