Tips dan Trik

Membuat Cemilan Bayi Sendiri yang Sehat dan Mudah

Saat bayi berusia 6 bulan, Anda sudah bisa menambahkan makanan lain selain ASI sebagai makanan pendamping. Namun tentu saja sifat makanan tambahan tersebut haruslah lunak atau setengah padat agar bayi yang belum memiliki gigi bisa menelannya dengan mudah. Baru di usia bayi yang ke delapan bulan, mulai tumbuh gigi depan yang berarti Anda bisa menambahkan menu makanan setengah padat untuk membantu menstimulasi gigi untuk berlatih menggigit dan mengunyah. Caranya adalah dengan memasukkan menu cemilan bayi dengan tekstur sedikit kasar di dalam menu makanan bayi sehari-hari.

 Membuat Cemilan Bayi Sendiri yang Sehat dan Mudah

Cemilan untuk si kecil bisa dikategorikan sebagai makanan tambahan atau makanan selingan di luar jadwal makanan utama. Seiring dengan usia bayi yang bertambah dan pertumbuhan gigi yang juga semakin banyak, jadwal makanan selingan juga dapat semakin sering dan banyak namun dengan tetap memperhatikan berat badan ideal bayi. Tujuan utama memberikan cemilan adalah untuk memperkenalkan berbagai menu makanan pada sang bayi yang tetap kaya gizi untuk mencegah bayi tumbuh menjadi anak yang pemilih makanan. Selain itu dengan cemilan setengah padat, gigi bayi akan di rangsang atau dilatih untuk belajar mengunyah makanan hingga halus dan aman ditelan.

Saat ini sudah banyak jenis cemilan bayi yang dibuat oleh pabrik dan dipasarkan di berbagai tempat penjualan. Namun seringkali harga untuk cemilan anak dan bayi cukup mahal sehingga tak bisa diandalkan sebagai cemilan sehari-hari. Namun Anda tak perlu khawatir karena cemilan bisa dibuat sendiri asalkan menggunakan bahan makanan yang sehat dan menjadi tekstur yang aman bagi bayi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat cemilan yang sehat dengan bahan-bahan yang mudah serta bergizi.

  • Pudding.

Siapa yang tak kenal pudding atau agar-agar? Pastinya semua orang pernah membuat agar-agar baik untuk konsumsi sendiri maupun orang lain. Pudding juga bisa menjadi cemilan yang sehat untuk bayi Anda apalagi jika menambahkan bahan makanan lainnya seperti susu cair, buah atau yogurt.

  • Kentang panggang.

Kentang merupakan sumber kalori dan mineral yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Anda bisa memberikan kentang sebagai cemilan dalam jumlah tertentu. Cara pengolahannya dapat dilakukan dengan direbut, dikukus ataupun dipanggang.

  • Alpukat.

Alpukat juga merupakan buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan baik untuk bayi. Alpukat sendiri sudah memiliki tekstur yang pas untuk bayi berusia 8 bulan sehingga Anda tak perlu menghaluskannya lagi.

Selain ketiga contoh cemilan bayi di atas, masih banyak jenis cemilan lainnya yang bisa Anda buat untuk si kecil. Semakin bervariasi bahan yang digunakan akan semakin baik untuk memperkenalkan aneka jenis makanan untuk putra-putri Anda. Namun jangan lupa untuk tetap menyesuaikan dengan jadwal makanan utama dan berat badan si kecil.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *