Tips dan Trik

Memilih Ayunan Bayi yang Aman Ketika Digunakan

Bagi sebagian besar orang tua, ayunan merupakan perlengkapan bayi yang memang wajib untuk mereka hadirkan. Selain memiliki fungsi untuk dapat menenangkan bayi, ayunan ini juga memungkinkan digunakan untuk alat bantu para orang tua dalam mengasuh bayi mereka, sehingga sembari mengasuh mereka pun dapat menyelesaikan rutinitas rumah tangga yang lainnya. Mengingat ayunan memiliki fungsi yang cukup signifikan bagi para orang tua sebagai alat bantu, maka menghadirkan ayunan dengan kualitas terbaik memang harus dilakukan pra orang tua. Selain dapat membuat bayi merasa nyaman berada dalam ayunan, pemilihan ayunan bayi yang tepat pun tidak akan membuat para orang tua khawatir ketika meletakkan bayi mereka dalam ayunan tersebut.

Bahan pembuatan menjadi hal utama yang memang harus diperhatikan para orang tua dalam melakukan pemilihan ayunan khusus untuk bayi tersebut. Pastikan bahwa rangka dari ayunan terbuat dari logam yang kuat, dan mampu menopang berat badan bayi dengan sempurna. memilih bagian kaki yang terdapat pengaman, sehingga tidak akan bergeser ketika alat tersebut diayunkan, juga akan sangat dianjurkan bagi para orang tua. Bagian rangka dengan model lipat juga mungkin dapat Anda pilih, agar nantinya Anda dapat menyimpannya dengan mudah dan tidak terlalu makan tempat penyimpanan terlalu besar.

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan dalam memilih ayunan bayi yang aman untuk diaplikasikan sebagai alat bantu dalam mengasuh bayi Anda, antara lain adalah:

Baca Juga:Manfaat yang Didapatkan dari Ayunan Bayi

  • Pilihlah ayunan dengan bahan pembuatan dudukan ayunan yang kuat, serta tidak mudah lembab, apabila digunakan, dan memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga tidak menyebabkan terjadinya ruam pada kulit bayi karena lembab yang ditimbulkan.
  • Pilih ayunan dengan sistem dudukan yang dapat disetel, sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam memberikan kenyamanan pada bayi Anda yang Anda tempatkan pada ayunan tersebut.
  • Pilih ayunan otomatis, agar Anda dapat menyetel ayunan dengan kecepatan tertentu sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan bayi, namun Anda tetap dapat melakukan pekerjaan rumah tanpa harus mengayunnya dengan tangan Anda.

Pastikan pula ketika memilih ayunan khusus untuk bayi Anda, Anda memilih ayunan yang menyertakan mainan didalamnya, sehingga ketika bayi berada diatas ayunan, tidak akan cepat rewel karena terdapat mainan yang dapat mengalihkan perhatian mereka dengan mudah. Pekerjaan Anda pun dapat Anda lakukan dengan mudah, ketika bayi Anda sudah merasa nyaman dalam ayunan yang Anda berikan.

Menggunakan ayunan bayi memang dapat mempermudah Anda dalam melakukan pengasuhan dan pekerjaan rumah tangga, namun demikian pastikan Anda tidak membiarkan bayi Anda untuk terus berada diatas dudukan ayunan, dan selalu mengayunkan bayi Anda, karena hal tersebut akan memiliki pengaruh pada kesehatan mereka. Gunakan ayunan seperlunya dan jangan berlebihan dalam menggunakannya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *