Tips dan Trik

Memilih Makanan Bayi Alami dengan Tepat untuk Sang Buah Hati Tercinta

Tahukah Anda dalam melakukan perawatan terhadap bayi, terutama pada masa tumbuh kembang mereka, berbagai hal haruslah kita perhatikan dengan seksama, agar nantinya proses tumbuh kembang dalam diri mereka dapat berjalan dengan optimal. Salah satu hal yang memang harus mendapatkan perhatian ekstra dari para orang tua yang memang sedang memiliki bayi adalah asupan gizi dari bayi mereka, dimana asupan ini biasanya akan didapatkan dari ASI serta makanan pendamping ASI. Bagi Anda para orang tua yang memang ingin mendapatkan hasil optimal pada pertumbuhan bayi Anda, maka akan lebih disarankan untuk memberikan makanan bayi alami, yang memang dikenal memiliki asupan gizi lengkap didalamnya.

 Memilih Makanan Bayi Alami dengan Tepat untuk Sang Buah Hati Tercinta

Untuk dapat memberikan makanan khusus bayi dengan tepat, hal utama yang harus diperhatikan oleh para orang tua adalah memilih jenis makanan yang memang secara khusus diperuntukkan untuk bayi dengan usia tertentu. selain nilai gizi yang diberikan oleh makanan tersebut akan lebih lengkap, memilih makanan sesuai dengan usia bayi juga akan lebih dapat membantu pengoptimalan sistem cerna dalam diri bayi Anda.

Berikut ini beberapa jenis makanan bayi alami, yang mungkin dapat Anda berikan kepada putra putri Anda, sesuai dengan klasifikasi usia mereka, yang antara lain adalah:

  • Bayi usia 0-4 bulan

Pada usia ini, akan lebih disarankan bagi para ibu untuk dapat memberikan makanan khusus untuk bayi dari ASI yang mereka miliki. Selain mengandung zat colostrums yang merupakan zat utama pembentuk sistem antibodi dalam diri seorang bayi, ASI juga telah mengandung banyak asupan gizi lainnya yang memang dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang bayi. Bagi Anda para ibu dengan bayi usia 0-4 bulan, akan lebih disarankan untuk memberikan ASI secara eksklusif.

  • Bayi usia 4-6 bulan

Pada usia ini biasanya bayi akan mulai mengeluarkan reaksi ketika asupan ASI yang diberikan untuknya dirasa kurang. Secara umum bayi akan mengeluarkan reaksi menangis karena merasa lapar ataupun membuka dan menutup mulutnya, untuk mengatasi permasalahan kurangnya asupan ASI karena faktor berkurangnya produksi ASI dalam diri ibu, maka Anda dapat mulai memberikan bubur bayi dengan rasa buah ataupun sayur yang memang dikenal aman untuk diberikan pada bayi.

  • Bayi dengan usia diatas 6 bulan

Pada usia 6 bulan keatas inilah, bayi secara penuh akan merasakan lapar dalam perutnya secara penuh. Oleh karenanya pada usia inilah akan dianjurkan bagi Anda para orang tua untuk menyediakan makanan pendamping ASI secara penuh. Anda dapat membuat makanan bayi sendiri secara alami sehingga kebersihan dan nilai gizi didalamnya akan lebih terjaga. Makanan seperti pure buah ataupun sayur dan bubur bayi akan dianjurkan untuk Anda berikan, sebagai makanan pendamping ASI bagi putra putri Anda

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *