Tips dan Trik

Memilih Makanan Bayi Pendamping ASI Baiknya dari 4 Jenis Makanan Berikut

Selain ASI tentu ibu perlu menyediakan makanan bayi jenis lainnya terlebih untuk bayi yang sudah terlepas dari masa ASI eksklusif, atau 6 bulan ke atas. Sebab makanan pendamping ASI ini sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Memperkenalkan makanan terbaik pun memang dianjurkan dan sepertinya tidak bisa secara asal sebab bisa jadi malah akan berdampak kurang baik. Pertimbangkan untuk mulai belajar mengenal aneka jenis makanan terbaik sebagai pendamping ASI supaya manfaat yang diberikan memang optimal untuk si kecil.

Jenis Makanan Pendamping ASI yang Baik

Bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan memiliki kebebasan untuk menikmati aneka bahan makanan tentunya yang alami dan cocok untuk sistem cernanya. Dikenal ada beberapa makanan pendamping ASI yang cukup bagus untuk dijadikan pilihan, beberapa jenisnya antara lain:

  • Berikan susu formula,

Susu formula dirancang untuk mampu dicerna oleh pencernaan bayi dan di dalamnya terkandung banyak nutrisi. Menjadikannya sebagai pendamping ASI tentu menjadi keputusan baik, namun takarannya harus pas jangan sampai membuat si kecil malah menolak ASI sebab kekenyangan oleh sufor.

  • Perkenalkan dengan buah dan sayuran,

Ketika bayi sudah menginjak usia 6-7 bulan maka orangtua bisa menambah jenis makanan bayi kepadanya dari jenis sayur dan buah-buahan. Tentunya dengan cara dihaluskan, khusus untuk sayuran bisa direbus atau dikukus dulu kemudian dilumatkan baru diberikan pada bayi. sementara untuk buah cukup dihaluskan saja bisa memakai blender tangan ataupun diparut, sehingga bayi menerima lebih banyak nutrisi. Indra pengecap atau lidah si kecil pun akan terlatih menikmati aneka rasa makanan.

  • Ajak anak menikmati aneka sereal,

Memberikan asupan zat besi kepada bayi setelah menginjak usia 8 bulan tentu sangat dianjurkan. Salah satunya memberikan asupan berupa sereal gandum yang bisa diperoleh di pertokoan dan swalayan terdekat. Gandum yang dibuat sereal memungkinkan si kecil untuk menikmatinya sebab bisa dilumatkan dengan air hangat. Ataupun disantap langsung sebagai camilan, selain mengenyangkan gandum kaya akan zat besi. Baik untuk menunjang kesehatan si kecil sehingga tubuhnya kuat dan tentunya jarang sakit. Pilih sereal terbaik dan berkualitas supaya manfaatnya maksimal.

  • Kenalkan pada berbagai sumber protein,

Bayi yang berusia 8 bulan pun sudah aman diperkenalkan dengan aneka makanan sumber protein yang baik bagi pertumbuhan fisik mereka. Misalnya telur, daging ayam, daging sapi, dan sumber protein nabati seperti tahu dan tempe. Saat memperkenalkan telur baiknya diberi putih telur dulu kalau reaksi tubuhnya bagus dan sudah terbiasa baru diberikan kuning telurnya. Kalau memperkenalkan daging ataupun ikan baiknya diolah sampai benar-benar matang dan jangan diberi bumbu, rasa alami makanan bayi dari daging baik untuk lidah dan perut bayi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *